Monday, 20 May 2024
HomeKulinerJalan-Jalan ke Kota Hujan, Jangan Lupa Ini Deretan Oleh-Oleh Khas Bogor

Jalan-Jalan ke Kota Hujan, Jangan Lupa Ini Deretan Oleh-Oleh Khas Bogor

Bogordaily.net–  Berwisata ke Bogor kurang lengkap jika tak membawa oleh-oleh. Ya, Bogor memang kerap dipadati wisatawan di akhir pekan lantaran letaknya yang strategis dan mudah dijangkau terutama dari ibu kota. Nah melansir Suara.com, berikut di antara oleh-oleh khas Kota Hujan yang bisa menjadi pilihan saat berkunjung ke Bogor.

Roti Unyil

Sesuai dengan namanya, roti ini memiliki panjang tidak lebih dari 5 cm, sehingga bisa langsung dimakan sekali lahap. Rasa yang ditawarkan roti unyil pun beragam, mulai dari yang asin seperti sosis, bakso, dan keju. Sampai yang manis seperti coklat, pisang, dan susu.

Asinan

Asinan Bogor menjadi salah satu buah tangan yang sayang untuk dilewatkan. Rasanya yang pedas, asin, manis, sekaligus segar membuat siapa pun bisa ketagihan. Hanya saja, mengingat oleh-oleh Bogor satu ini sedikit berkuah, kamu perlu menyimpannya dengan lebih rapi ya.

Lapis Talas

Sesuai namanya, oleh-oleh khas Bogor berikutnya merupakan kue yang terbuat dari talas. Tekstur lembut dengan rasa manis dan sedikit gurih dari taburan keju yang diberikan membuat lapis talas menjadi sajian pas untuk menemani sesi minum kopi atau teh bareng keluarga.

Kacang Bogor

Bentuknya yang bulat dengan warna ungu pekat menjadi ciri khas dari oleh-oleh khas Bogor satu ini. Kacang Bogor paling mudah ditemukan pada Februari sampai April karena itulah waktunya para pedagang panen. Tidak hanya varian original, kamu juga bisa mencicipi kacang Bogor dengan rasa barbeque, balado, sampai keju.

Ubi Bakar Cilembu

Memasuki daerah puncak, kamu akan menemukan banyak sekali pedagang di pinggir jalan yang menawarkan ubi bakar cilembu. Kawasan puncak yang dingin memang paling pas dipadukan dengan hangat dan manisnya makanan sederhana ini. Ubi bakar cilembu juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh, tapi sebainya dalam kondisi mentah alias belum dimasak.

Mochi Bogor

Mochibo merupakan singkatan dari mochi Bogor. Kue tepung beras yang kenyal ini diisi dengan berbagai buah lokal yang dapat dengan mudah ditemukan di Bogor seperti talas, stroberi, nanas dan pala. Inilah yang membedakan mochibo dengan mochi khas Jepang yang biasanya diisi dengan kacang.

Strudel Bogor

Strudel sejatinya adalah kulit pastry berlapis khas Austria. Namun, makanan satu ini juga dapat kamu jadikan oleh-oleh Bogor. Isian strudel Bogor pun cukup variatif, mulai dari apel, tape, talas nanas, sampai sei sapi. Salah satu penjual strudel ternama ada di kawasan jalan Padjajaran.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here