Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaJamaah Haji Indonesia Bawa Uang Saku Rp542 Miliar

Jamaah Haji Indonesia Bawa Uang Saku Rp542 Miliar

Bogordaily.net– Selama menunaikan , Badan Pengelola Keuangan (BPKH) telah menganggarkan uang saku sebagai biaya hidup jamaah.

Untuk keseluruhan jemaah Indonesia yang berjumlah 100.051 orang (92.825 regular dan 7.226 khusus), BPKH meyiapkan uang saku sebesar 139.237.500 riyal atau sekitar Rp542 miliar rupiah. Uang tersebut berasal dari nilai manfaat tabungan jamaah yang disetorkan pada saat mendaftar .

Sementara itu Kloter 6 yang jamaah keseluruhannya berasal dari Kota Kendari, Kabupaten Konawe Utara, Kabupaten Muna Barat, dan Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara keberangkatannya dilepas secara resmi oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Selatan, Rappe.

Sebelum menjalani prosesi pelepasan secara resmi di Aula Mina Asrama Makassar, PPIH membagikan uang living cost atau biaya hidup kepada setiap calon haji sebesar 1500 riyal atau setara dengan Rp5.800.000.

Sebanyak 393 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Sulawesi Tenggara tergabung dalam kloter 6 embarkasi Makassar diterbangkan ke Jeddah Arab Saudi, Rabu 22 Juni 2022.

Jika dikalikan dengan jumlah JCH kloter 6 embarkasi Makassar sebanyak 393 orang, maka total uang biaya hidup yang dibawa jemaah ke Arab Saudi kurang lebih Rp2,2 miliar.

Rappe mengatakan bahwa sebagai umat muslim yang mendapat panggilan dari Allah SWT untuk menunaikan , maka kesempatan ini dimanfaatkan sebaik-sebaiknya untuk untuk khusyuk beribadah.

“Sekian banyak orang yang menunggu tapi bapak ibu yang mendapat kesempatan dipanggil mengunjungi Baitullah (rumah Allah). Rumah ibadah yang pertama kali dibangun untuk umat Islam yaitu Kakbah Almukarramah di Masjidil Haram. Maka manfaatkanlah kesempatan ini untuk khusyuk beribadah kepada Allah SWT,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengimbau kepada seluruh JCH Kloter dapat menjadi contoh baik bagi bangsa Indonesia.

“Bapak ibu bukan lagi sekedar tamu Allah tapi adalah duta-duta bangsa Indonesia, duta umat Islam. Kepada bapak ibu lah diserahkan kedutaan itu untuk menjadi suritauladan. Untuk memperlihatkan kepada bangsa lain bahwa kita adalah bangsa yang beradab, tahu sopan santun dan bangsa yang tahu menghormati nilai-nilai kemanusiaan. Sehingga bisa menghargai setiap manusia yang datang dari berbagai negara selama pelaksanaan ,” katanya.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here