Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaJangan Anggap Remeh, Kenali Faktor Penyebab Kentut Bau Busuk

Jangan Anggap Remeh, Kenali Faktor Penyebab Kentut Bau Busuk

Bogordaily.net – Mengeluarkan yang bau saat sedang berkumpul bersama teman memang menyebabkan momen kebersamaan menjadi terganggu. Namun ternyata, penyebab bau busuk bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor lho.

merupakan cara alami tubuh mengeluarkan limbah gas dari dalam tubuh. Umumnya, memang memiliki bau yang tidak sedap.

Hal ini kerap membuat orang merasa terganggu dengan bau tersebut. Meski begitu, ada juga orang yang mengeluarkan tidak berbau.

Inilah beberapa faktor yang menyebabkan bau busuk

1. Konsumsi Makanan yang Tinggi Serat

Salah satu penyebab bau busuk ialah sering mengonsumsi makanan yang tinggi serat. Diketahui, mengonsumsi makanan tinggi serat juga diperlukan bagi tubuh.

Tidak hanya makanan yang memiliki tinggi serat, namun makanan yang mengandung sulfur juga dapat membuat menjadi bau busuk. Makanan yang mengandung sulfur di antaranya kol, bawang putih, kacang-kacangan, brokoli, dan telur. Jika Kamu mengonsumsi makanan tersebut bersiap-siaplah jika menjadi bau busuk.

2. Intoleransi Laktosa

Penyebab selanjutnya yang dapat membuat kentut bau busuk adalah intoleransi laktosa. Kondisi ini merupakan tubuh yang tidak dapat mencerna laktosa. Sehingga, makanan dan minuman yang mengandung laktosa yang dikonsumsi tidak dapat dicerna dengan baik. Akhirnya, akan meningkatkan risiko bau kentut yang busuk.

Tak hanya intoleransi laktosa, namun beberapa orang juga mengalami kondisi intoleransi gluten. Kondisi ini biasanya disebutkan dengan penyakit celiac dimana penyakit autoimun yang menyebabkan adanya respon imun terhadap protein gluten.

3. Sembelit

Sembelit merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi. Rupanya, sembelit juga menjadi salah satu penyebab kentut bau busuk. Pasalnya, kondisi ini membuat seseorang kesusahan untuk buang air besar (BAB).

Kondisi ini terjadi saat feses menumpuk di usus dan sulit untuk dikeluarkan. Sehingga, penumpukan feses ini sering disertai dengan penumpukan gas yang bau. Maka tidak heran, jika seseorang mengalami kondisi ini maka kentut akan sangat bau.

4. Kanker usus besar

Kentut bau busuk juga bisa disebabkan oleh kanker usus besar. Jaringan yang tumbuh tidak terkendali saat mengalami kanker di saluran pencernaan bisa menyebabkan sumbatan di usus. Hal ini bisa membuat perut Anda kembung dan bergas, serta menyebabkan kentut berbau busuk.

5. Konsumsi antibiotik

Antibiotik berfungsi untuk mengatasi infeksi bakteri di dalam tubuh. Sayangnya, penggunaan jenis antibiotik dengan durasi tertentu juga bisa membunuh bakteri baik di saluran pencernaan. Tanpa bakteri baik ini, kentut yang Anda keluarkan akan beraroma busuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here