Friday, 29 March 2024
HomeBeritaJangan Hanya Minum saat Haus, Jamaah Haji Diimbau Rutin Konsumsi Air Putih

Jangan Hanya Minum saat Haus, Jamaah Haji Diimbau Rutin Konsumsi Air Putih

Bogordaily.net– Cuaca panas di Arab Saudi bisa mengakibatkan dehidrasi. Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Nurhati Febriani, Sp.GK, FINEM, AIFO-K pun mengimbau para calon jamaah untuk rutin mengonsumsi air putih 2-3 jam sekali untuk mencegah dehidrasi.

“Untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada calon maka minumlah air putih secara rutin tiap 2-3 jam dan jangan minum hanya saat haus,” ujarnya dikutip Suara.com dari Antara.

Selain air putih, pemenuhan asupan cairan juga didapat dari jus, susu, atau minuman yang mengandung elektrolit.

“Idealnya memang air putih, tapi bisa juga dengan minuman lain atau minuman yang mengandung elektrolit untuk mengganti cairan yang hilang. Tapi tetap disarankan untuk membatasi konsumsi minuman yang mengandung glukosa yang tinggi,” katanya.

Selain minuman, makanan berkuah seperti sup juga bisa menjadi pilihan, terlebih sup mengandung mikronutrien seperti vitamin, mineral, dan elektrolit.

Calon juga diingatkan untuk selalu menjaga kondisi kesehatan dengan makanan sehat bergizi seimbang untuk mendukung kelancaran ibadah.

“Lakukan persiapan sebelum berangkat dengan asupan bergizi seimbang sebagai bagian dari persiapan sehat fisik dan mental,” katanya.

Lebih lanjut ia mengingatkan agar sebelum keberangkatan, selain minum air putih calon jamaah perlu rutin melakukan olah raga ringan seperti jalan pagi atau sore sekitar 30 menit per hari.

“Saat berhaji upayakan konsumsi makanan sehat gizi seimbang, serta cukup air putih setiap hari,” katanya.

Tak hanya itu, dokter yang praktik di RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara itu juga mengimbau calon untuk menyiapkan air dalam botol yang dilengkapi semprotan.

“Tujuannya untuk menyemprotkan ke wajah, bagian tubuh, atau pakaian bila dirasa kondisi cuaca panas menyengat,” katanya.

Selain itu, kata dia, calon juga perlu menggunakan pakaian yang nyaman, menyerap keringat dan tidak terlalu ketat sehingga memudahkan gerakan.

“Perlu juga menggunakan pelindung tubuh dari sengatan panas matahari mulai dari tabir surya, topi, hingga payung dan selalu menggunakan alas kaki bila bepergian,” katanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here