Friday, 19 April 2024
HomeKabupaten BogorJelang Hari Raya Idul Adha, Pemkab Bogor Bentuk Satgas PMK

Jelang Hari Raya Idul Adha, Pemkab Bogor Bentuk Satgas PMK

Bogordaily.net-Menjelang Hari Raya , Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bentuk satgas penanggulangan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Bogor.

Hal tersebut diungkapkan oleh Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan usai menghadiri rapat perkembangan terkini penanganan PMK di Gedung Sekretariat Daerah, pada Senin 20 Juni 2022.

“Ya penanggung jawabnya sayalah dan pembina, mungkin nanti susunannya ada Sekda,” kata Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan pada Senin 20 Juni 2022.

Menjelang H-10 , kata Iwan, satgas penanggulangan PMK akan lebih dimasifkan untuk mengawasi masuknya hewan ternak sapi ke Kabupaten Bogor.

“Untuk memeriksa seluruh Kabupaten Bogor untuk lalu-lalang masuknya ternak itu. Dan ternak itu sementara yang terkontaminasi adalah sapi, dan perlu disampaikan juga virus ini, tidak menular ke manusia ya, jadi aman untuk manusia,” tambahnya.

Bahkan untuk mengoptimalkan tugas dari satgas penanggulangan PMK, sudah disediakan sebanyak tujuh posko yang tersebar di enam wilayah.

“Barat, timur, utara, selatan, tengah. Kemaren kan satgas dari Diskanak dengan Dokter hewan, tapi ini kita melihat sekala kan, makannya nantinya dibentuk satgas penanggulangan PMK,” jelasnya.

Pembentukan satgas tersebut bukan tanpa alasan, mengingat kondisi yang semakin hari memprihatinkan mengenai wabah menyerang ribuan sapi ternak.

“Hari ini sekitar 1900 sekian yang terkena wabah PMK, itu terkonsentrasi di kunak Pamijahan. Dan disitu kami akan membuat bantuan-bantuan selain obat dan lain sebagainya, kita juga ada posko satgas,” tutup Iwan.

Muhammad Irfan Ramadan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here