Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorJelang Idul Adha 1443 H, Kelurahan Kayumanis Pantau Hewan Ternak di Beberapa...

Jelang Idul Adha 1443 H, Kelurahan Kayumanis Pantau Hewan Ternak di Beberapa Lokasi

Bogordaily.net – Menjelang IdulAdha 1443 Hijriyah, Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor melakukan pemantauan terhadap ternak hewan di berbagai lokasi bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa, serta LPM.

“Hari ini saya melaksanakan, pengecekan, pemantauan ternak hewan, sekaligus mengedukasi kepada masyarakat terkait masalah maraknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), ujar Lurah Kayumanis, Johan ditemui di kantornya, Rabu 29 Juni 2022.

Dan menurut Johan, hingga saat ini di wilayahnya belum ditemukan kasus PMK yang menyerang ternak warga

“Alhamdulillah, saat ini belum ada. Karena tadi juga kita ke wilayah belum ada tanda-tanda yang terinfeksi PMK. Karena memang kita ada pendamping dari Ketahanan Pangan yang seminggu yang lalu keliling dalam rangka menyikapi ini ke peternak-peternak,” tuturnya.

Ke depan, pihaknya juga akan rutin melakukan sosialisasi bersama ketua RT, ketua DKM terkait masalah pemotongan hewan dengan melibatkan Dinas Ketahanan Pangan.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor Anas S. Rasmana menegaskan, berdasarkan update dari DKPP Jawa Barat (Jabar) Kota Bogor statusnya masih nol terkait penyebaran PMK dari 26 Kota dan Kabupaten se-Jawa Barat.

“Meskipun 7 ekor ini gejala klinis PMK, tetapi belum ada hewan yang positif PMK secara resmi. Jadi masih belum ada di Kota Bogor. Dan hasilnya setelah penanganan, 4 ekor sudah sembuh dan 3 ekor lainnya sedang pemulihan,” jelasnya.

Kemudian kata Anas, meski RPH ditutup, tetapi pelayanan pemotongan hewan masih berjalan.

Ia mengaku, 7 sapi yang terjangkit gejala klinis PMK telah diisolasi dan dipisahkan dengan hewan sapi yang memang kondisinya masih sehat.

“Selain penutupan RPH terpadu, konsentrasi kami tetap pada kesehatan kondisi sapi seperti pemberian vitamin hingga pengecekan suhu secara berkala,” pungkasnya.

Di sisi lain, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor melalui bidang Peternakan juga terus memonitoring para pedagang hewan yang berada di pinggir jalan menjelang perayaan Idul Adha tahun 2022.

Kepala Bidang Peternakan DKPP Kota Bogor Anizar mengatakan, pihak telah membentuk tim monitoring di setiap kecamatan se-Kota Bogor. Tim ini setiap hari bergerak untuk meninjau dan melakukan pemeriksaan hewan .*

(Ibnu Galansa Montazery)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here