Wednesday, 15 May 2024
HomePolitikJelang Pemilu 2024, Mahfud MD Sebut Banyak Kemajuan

Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD Sebut Banyak Kemajuan

Bogordaily.net– Jelang , Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) menyebut banyak kemajuan dalam penyelenggaraan pemilihan umum setelah reformasi 1998 hingga saat ini.

mencatat kemajuan dalam penyelenggaraan pemilu antara lain kemajuan dalam lembaga penyelenggara pemilu.

“Komisi Pemilihan Umum (KPU) dibandingkan LPU zaman orde baru, lebih independen, tidak ada diawasi kejaksaan dan instansi lain seperti zaman orde baru,” ujar Mahfud saat menjadi pembicara pada sesi diskusi bertajuk ‘Tantangan Politik, Hukum dan Keamanan menuju ' yang diselenggarakan oleh Sekolah Demokrasi Belanda yang berlangsung secara hybrid, dikutip Suara.com.

Ia menjelaskan saat ini sudah ada lembaga peradilan pemilu yaitu Mahkamah Konstitusi. Dahulu kata dia, tidak ada yang menangani sengketa pemilu.

“Juga ada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang independen,” kata dia.

Selain itu Mahfud menyebut kekinian keterbukaan proses pemilu dapat dirasakan masyarakat.

Mantan ketua MK itu kemudian menyebut proses pemantauan pemilu hingga ke TPS sudah transparan. Terlebih jumlah TPS dan daftar pemilihnya sudah diumumkan sebelumnya.

Mahfud juga mengatakan dalam perhitungan, saat ini sejak reformasi survei prediksi hasil pemilu dan hitung cepat diperbolehkan. Perhitungan di TPS juga terbuka bisa disaksikan. Sehingga hasilnya bisa dipantau semua.

“Ini adalah kemajuan-kemajuan dalam demokrasi kita, pencapaian dalam sistem pemilu yang tidak bisa dibantah, baik secara instrumen hukum dan kelembagaan,” katanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here