Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaJemaah Haji Aceh Masing-Masing Dapat Dana Wakaf Rp 4,5 Juta Cash

Jemaah Haji Aceh Masing-Masing Dapat Dana Wakaf Rp 4,5 Juta Cash

Bogordaily.net – Dana Wakaf  menjadi keistimewaan bagi para Jemaah haji dari Provinsi Aceh. Para jemaah ini akan menerima uang wakaf saat mereka tiba di Makkah. Total jemaah haji dari serambi mekah ini berjumlah 1.988 jemaah calon haji. Semuanya akan menerima masing-masing Rp 4,5 juta.

“Setiap jemaah mendapatkan dana wakaf Baitul Asyi sebesar SAR 1.200 atau sekitar Rp 4,5 juta,” kata Kepala Kanwil Kemenag Aceh Iqbal, melansir Antara, Selasa 14 Juni 2022.

Iqbal mengaku, para jamaah bakal menerima dana wakaf saat tiba di penginapan masing-masing, setelah dua hari berada di Mekkah.

Dana akan diserahkan langsung oleh pengurus wakaf, dan diterima langsung oleh penerima tanpa boleh diwakili. “Tidak boleh diwakili pihak manapun, diserahkan oleh pengurus atau nazir wakaf Habib Bugak Asyi,” kata Iqbal.

Wakaf Baitul Asyi erupakan wakaf Habib Bugak Asyi, yang sekarang disebut wakaf Baitul Asyi atau wakaf rumah Aceh.

Wakaf yang usianya sudah 200 tahun lebih ini dulunya merupakan wakaf kecil. Namun seiring waktu, wakaf ini terus berkembang menjadi wakaf produktif yakni berupa tanah, penginapan, dan unit usaha lain di Mekkah, bahkan ada di sekitaran Masjidil Haram.

“Dana wakaf selalu diberikan kepada setiap jamaah haji asal provinsi berjulukan Serambi Mekkah itu,” jelasnya.

Kemenag Aceh akan memberangkatkan jamaah sebanyak 1.988 orang ditambah petugas 34 orang. Total ada 2.022 jamaah.

Para jamaah akan diterbangkan dalam enam kloter. Masing-masing kloter 393 orang terdiri atas lima kloter penuh dan satu kloter campuran.

“Dalam kloter campuran, jamaah asal Aceh akan bergabung dengan sebagian jamaah Medan, Sumatera Utara,” tukasnya. ***

Sumber: suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here