Friday, 29 March 2024
HomeNasionalJenazah Eril Akan Disambut Siswa Bandung Menuju Pemakaman Pagi Ini

Jenazah Eril Akan Disambut Siswa Bandung Menuju Pemakaman Pagi Ini

Bogordaily.net– Jenazah atau Eril putra yang akan dimakamkan di Islamic Center Baitul Ridwan, Desa Cimaung, Kabupaten Bandung akan disambut siswa Bandung hingga menuju ke pemakaman.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan, pihaknya meminta kepada siswa di Bandung dan Jawa Barat untuk doakan anak dari , Eril.

“Kami mendapatkan aspirasi dari forum siswa, komunitas pelajar maupun organisasi yang hendak mendoakan Eril. Mereka akan berdiri di sejumlah titik dalam rute yang akan dilalui jenazah Eril menuju makam,” katanya dilansir Suara.com dari Antara.

Dedi pun mempersilakan bila ada siswa dan siswi yang akan menyambut dan memberikan penghormatan untuk jenazah Eril menuju pemakaman di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

“Saya mempersilakan kepada siswa dan siswi. Karena ananda Eril ini kan putra dari pemimpin kita di Jawa Barat,” katanya.

Dia berharap, siswa dan siswi di Jawa Barat dapat tertib ketika menyambut jenazah Eril.

“Dan mungkin ada yang akan membawa bunga, silakan. Tapi mohon yang tertib, saat berdiri di sepanjang jalan rute yang dilalui oleh jenazah,” katanya.

Menurut Dedi, almarhum Eril layak menjadi panutan bagi siswa dan siswi, baik dari segi akademik maupun pribadinya.

Hal itu, ujarnya, yang menjadi alasan dari siswa maupun siswi mengajukan aspirasi untuk menyambut jenazah diperjalanan sebagai penghormatan terakhir.

“Sehingga kita tahu, pribadi ananda Eril ini sangat menjaga dan peduli kepada orang sekitarnya. Sebelum mengalami musibah di Sungai Aare pun almarhum memastikan keluarganya untuk aman,” ujar dia.

Sebelumnya, jenazah Eril tiba di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat 12 Juni 2022. Jenazah Eril langsung disalatkan dengan imam sang ayah sendiri, Gubernur Jawa Barat, .

Dari tayangan YouTube Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat, tampak peti jenazah Eril ditutupi kain hijau dan roncean bunga melati. Foto Eril berukuran besar disimpan di dekat peti jenazah.

Sejumlah tamu tampak sudah merapikan saf untuk salat jenazah. Tidak lama kemudian, yang mengenakan pakaian bernuansa hitam langsung menempati posisi imam.

Setelah salat jenazah ditunaikan, didekati oleh seorang pria yang menuntunnya untuk membacakan doa.

Jenazah Eril sebelumnya mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten pada Minggu sore dan tiba di rumah duka Gedung Pakuan, Bandung sekitar pukul 22.30 WIB.

Warga pun diperkenankan turut berdoa di sekitar makam setelah prosesi pemakaman selesai.

Pada Minggu malam, warga terus berdatangan untuk bertakziah sekaligus mendoakan almarhum Eril. Sejumlah tokoh seperti Gubernur Jawa Timur juga datang, begitu juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta istri. Mereka datang bertakziah ke Gedung Pakuan Bandung.

Warga juga terus berdatangan hingga pihak keamanan terpaksa menutup gerbang karena situasi di dalam gedung sudah penuh dengan tamu undangan.

Bahkan, warga tetap setia ingin melihat dari balik gerbang di bahu jalan sambil memanjatkan doa untuk Eril, meski hujan turun di Bandung.

Sebagian dari mereka menyematkan tangkai bunga di gerbang Gedung Pakuan sebagai tanda duka untuk Eril.

Pemprov Jawa Barat mencatat sepanjang hari hingga pukul 16.00 WIB tadi sudah ada sekitar 2.000 orang warga yang masuk ke Gedung Pakuan untuk mendoakan Eril.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here