Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaJenis-Jenis Thawaf Haji Serta Cara Pelaksanaannya

Jenis-Jenis Thawaf Haji Serta Cara Pelaksanaannya

Bogordaily.net – merupakan salah satu kegiatan ibadah yang dilakukan jamaah dalam rangkaian prosesi ibadah haji. dilakukan dengan cara mengelilingi Kabah sebanyak tujuh putaran. Ada beberapa jenis-jenis haji dan umrah.

Salah satu rangkaian ibadah dalam umroh adalah melakukan tawaf. Apa itu Tawaf ? Tawaf merupakan salah satu rukun haji dan umroh yaitu mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali putaran. Perintah untuk melakukan tawaf ada di Q.S Al-Hajj ayat 29.

Berikut jenis-jenis dan tata cara pelaksanaannya.

Jenis-jenis :

1. Qudum ( kedatangan)
ini merupakanthawaf yang dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada baitullah (kabah) ketika seorang jamaah tiba di Mekah. Qudum ini tidak termasuk dalam rangkaian ibadah haji. Namun, sebagian ulama berpendapat, hukum Qudum adalah sunah muakad. Jadi, thawaf ini dianjurkan bagi siapa saja yang datang ke Mekah.

2. Thawaf Umrah
Thawaf umrah merupakan salah satu rukun dalam ibadah umrah yang tidakboleh ditinggalkan. Jika tidak dikerjakan maka umrahnya dianggap batal. Pelaksanaan thawaf umrah ini sendiri adalah setelah sa'i dan tahalul dengan memakai pakaian ihram.

3. Thawaf Ifadhah
Thawaf Ifadhah merupakan salah satu rukun dalam ibadah haji. Jika tidak dilaksanakan maka hajinya batal. Waktu untuk melakukan thawaf Ifadhah dimulai setelah lewat tengah malam pada 10 Dzulhijjah atau setelah bermalam di Muzdalifah, tanpa ada batas akhirnya. Setelah bermalam di Muzdalifah, jamaah boleh langsung berangkat menuju Mekah untuk melaksanakan thawaf Ifadhah tanpa harus melakukan jumrah aqabah di Mina.

4. Thawaf Nadzar
Thawaf ini dilakukan apabila terdapat nadzar yang wajib. Pelaksanaan tahwaf nadzar bisa disesuaikan waktunya dan dapat dikerjakan dengan mengenakan pakaian biasa.

5. Thawaf sunah
Thawaf ini boleh dilakukan kapan saja jika ada kesempatan untuk mengerjakannya. Tidak perlu diikuti sa'I dan boleh juga dikerjakan dengan mengenakan pakaian biasa.

6. Thawaf wada
Thawaf wada adalah bentuk penghormatan terakhir sebelum meninggalkan kota Mekah. Mengerjakan thawaf ini hukumnya wajib. Jika tidak dikerjakan, maka jamaah dikenakan dam, yaitu menyembelih kambing. Sedangkan, bagi jamaah wanita yang sedang haid atau nifas, maka tidak diwajibkan melaksanakan thawaf wada. Cukup bagi mereka memandang kabah dari luar pintu masjid saja. Thawaf wada tidak perlu diikuti sa'I ataupun tahalul, dan bisa dikerjakan dengan mengenakan pakaian biasa.

Tata Cara Pelaksanaan Tawaf :

1. Melaksanakan syarat shalat, yaitu bersuci, niat, menutup aurat, dan lain sebagainya. Namun dalam tawaf kita masih diperbolehkan untuk berkomunikasi dengan orang lain.
2. Pundak kiri harus lurus ke arah kiblat dan tidak boleh menoleh ke belakang.
3. Putarannya berlawanan dengan arah jarum jam dan dimulai dari titik hajar aswad.
4. Melakukan putaran sebanyak tujuh kali putaran***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here