Jenis-Jenis Thawaf Haji Serta Cara Pelaksanaannya

Menu

Mode Gelap
Sekolah SMPN 16 Kota Bogor Digondol Maling, Kerugian Capai Rp 15 juta Siap-siap, Uji Coba Kelas BPJS Kesehatan Dihapus Besok Diisukan Hamil Anak Jay Park, Ini Tanggapan Jessi SuaraPemerintah.ID dan TRAS N CO Indonesia Berikan Penghargaan Istimewa untuk BPR Korea Utara Beberkan AS-Korsel-Jepang Mulai Membentuk “NATO Versi Asia”

Haji 2022 · 22 Jun 2022 15:43 WIB

Jenis-Jenis Thawaf Haji Serta Cara Pelaksanaannya


 Cara Melakukan Thawaf Haji. (wartakota/Bogordaily.net) Perbesar

Cara Melakukan Thawaf Haji. (wartakota/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Thawaf merupakan salah satu kegiatan ibadah yang dilakukan jamaah dalam rangkaian prosesi ibadah haji. Thawaf dilakukan dengan cara mengelilingi Kabah sebanyak tujuh putaran. Ada beberapa jenis-jenis thawaf haji dan umrah.

Salah satu rangkaian ibadah dalam umroh adalah melakukan tawaf. Apa itu Tawaf ? Tawaf merupakan salah satu rukun haji dan umroh yaitu mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali putaran. Perintah untuk melakukan tawaf ada di Q.S Al-Hajj ayat 29.

Berikut jenis-jenis thawaf dan tata cara pelaksanaannya.

Jenis-jenis Thawaf :

1. Thawaf Qudum (thawaf kedatangan)
Thawaf ini merupakanthawaf yang dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada baitullah (kabah) ketika seorang jamaah tiba di Mekah. Thawaf Qudum ini tidak termasuk dalam rangkaian ibadah haji. Namun, sebagian ulama berpendapat, hukum thawaf Qudum adalah sunah muakad. Jadi, thawaf ini dianjurkan bagi siapa saja yang datang ke Mekah.

2. Thawaf Umrah
Thawaf umrah merupakan salah satu rukun dalam ibadah umrah yang tidakboleh ditinggalkan. Jika tidak dikerjakan maka umrahnya dianggap batal. Pelaksanaan thawaf umrah ini sendiri adalah setelah sa’i dan tahalul dengan memakai pakaian ihram.

3. Thawaf Ifadhah
Thawaf Ifadhah merupakan salah satu rukun dalam ibadah haji. Jika tidak dilaksanakan maka hajinya batal. Waktu untuk melakukan thawaf Ifadhah dimulai setelah lewat tengah malam pada 10 Dzulhijjah atau setelah bermalam di Muzdalifah, tanpa ada batas akhirnya. Setelah bermalam di Muzdalifah, jamaah boleh langsung berangkat menuju Mekah untuk melaksanakan thawaf Ifadhah tanpa harus melakukan jumrah aqabah di Mina.

4. Thawaf Nadzar
Thawaf ini dilakukan apabila terdapat nadzar yang wajib. Pelaksanaan tahwaf nadzar bisa disesuaikan waktunya dan dapat dikerjakan dengan mengenakan pakaian biasa.

5. Thawaf sunah
Thawaf ini boleh dilakukan kapan saja jika ada kesempatan untuk mengerjakannya. Tidak perlu diikuti sa’I dan boleh juga dikerjakan dengan mengenakan pakaian biasa.

6. Thawaf wada
Thawaf wada adalah bentuk penghormatan terakhir sebelum meninggalkan kota Mekah. Mengerjakan thawaf ini hukumnya wajib. Jika tidak dikerjakan, maka jamaah dikenakan dam, yaitu menyembelih kambing. Sedangkan, bagi jamaah wanita yang sedang haid atau nifas, maka tidak diwajibkan melaksanakan thawaf wada. Cukup bagi mereka memandang kabah dari luar pintu masjid saja. Thawaf wada tidak perlu diikuti sa’I ataupun tahalul, dan bisa dikerjakan dengan mengenakan pakaian biasa.

Tata Cara Pelaksanaan Tawaf :

1. Melaksanakan syarat shalat, yaitu bersuci, niat, menutup aurat, dan lain sebagainya. Namun dalam tawaf kita masih diperbolehkan untuk berkomunikasi dengan orang lain.
2. Pundak kiri harus lurus ke arah kiblat dan tidak boleh menoleh ke belakang.
3. Putarannya berlawanan dengan arah jarum jam dan dimulai dari titik hajar aswad.
4. Melakukan putaran sebanyak tujuh kali putaran***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Inilah Ma’la Makam Mbah Moen, Ulama Kharismatik Indonesia di Makkah

1 Juli 2022 - 21:49 WIB

Sejarah dan Makna Hari Tarwiyah dan Arafah

1 Juli 2022 - 16:05 WIB

gagal ke tanah suci

Kisah Pria Rela Jalan Kaki Hampir 1 Tahun Demi Naik Haji

1 Juli 2022 - 08:53 WIB

Ambulans Indonesia Jadi Percontohan Negara Lain di Arab Saudi

1 Juli 2022 - 08:00 WIB

Kemenag Terjunkan 782 Tenaga Kesehatan, Jelang Puncak Ibadah Haji 2022

30 Juni 2022 - 21:54 WIB

Jadwal Lempar Jumrah Alami Perubahan, Berikut Informasi Lengkapnya

30 Juni 2022 - 15:51 WIB

jadwal lempar jumrah
Trending di Haji 2022