Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaJepang Was-Was, Kapal Perang Rusia Dekati Tokyo

Jepang Was-Was, Kapal Perang Rusia Dekati Tokyo

Bogordaily.net– Tujuh kapal perang kabarnya mendekati Kepulauan Izu, Tokyo, pada pekan ini. Informasi tersebut Kementerian Pertahanan Jepang.

Jepang pun bersikap waspada karena peningkatan aktivitas militer -China di dekat wilayahnya.

Sebagaimana diberitakan Kyodo News yang dilansir CNN Indonesia, kapal tersebut berlayar dari dekat Hokkaido. Kapal itu lalu terlihat di dekat beberapa pulau tak berpenghuni di Kepulauan Izu sejak Kamis, 16 Juni 2022 hingga Jumat, 17 Juni 2022.

Kapal tampak berada di perairan yang berjarak 180 kilometer dari Semenanjung Boso, Prefektur Chiba, dekat Tokyo.

Staf Gabungan Jepang mengungkapkan pesawat dan kapal patroli angkatan laut negara itu telah dikerahkan untuk memantau pergerakan kapal perang .

Tak hanya kapal perang , kapal perang China turut berada di dekat perairan Jepang pada Kamis, 16 Juni 2022.

NHK melaporkan sebanyak dua kapal Angkatan Laut China, termasuk kapal pengumpul intelijen, berlayar ke arah timur melewati Selat Tsugaru menuju Samudera Pasifik. Perairan tersebut berada di antara pulau utama Jepang, yakni Honshu dan Hokkaido.

Sementara itu, tensi -Jepang meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Peningkatan ini terjadi kala Jepang melakukan latihan militer bersama Amerika Serikat di dekat perairan .

Sementara itu Jepang dan AS telah melakukan sekitar sepuluh latihan angkatan laut bersama setelah invasi ke Ukraina. Merespons masalah tersebut, mengancam Jepang dan melihat tindakan tersebut sebagai ancaman.

“Kami melihat aksi dari kubu Jepang sebagai ancaman keamanan negara kami,” ujar Wakil Menteri Luar Negeri Igor Morgulov pada April lalu, dikutip dari Newsweek.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here