Tuesday, 23 April 2024
HomeBeritaJokowi Bawa Bantuan Kemanusiaan hingga Blusukan ke Lokasi Perang di Ukraina

Jokowi Bawa Bantuan Kemanusiaan hingga Blusukan ke Lokasi Perang di Ukraina

Bogordaily.net– Presiden Joko Widodo () sudah berada di . Dalam lawatannya ke negara yang tengah terlibat perang dengan Rusia itu, Jokowi membawa bantuan kemanusiaan dan bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky di Kyiv hari ini, Rabu 29 Juni 2022.

Dalam foto yang dirilis Sekretariat Presiden, terlihat boks bantuan kemanusiaan dengan tulisan, “Aid humanitarian aid to the people of Ukraine.” Kotak putih itu terlihat diletakkan di sebelah kereta yang ditumpangi Jokowi menjelang keberangkatan sang presiden dari Polandia keUkraina.

Jokowi juga sempat berkunjung ke kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin, . Ia mengaku sedih melihat kondisi di salah satu lokasi yang menjadi sasaran serangan pasukan Rusia.

“Sangat menyedihkan sekali, banyak rumah-rumah yang rusak kemudian juga infrastruktur yang rusak,” kata Jokowi dalam rilis pers dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden sebagaimana dikutip CNN Indonesia, Rabu, 29 Juni 2022.

Ia juga mengungkapkan seruan agar tak ada lagi kota di yang rusak akibat perang.

“Kita harapkan tidak ada lagi kota-kota yang rusak di akibat perang,” imbuhnya

Pada kunjungannya tersebut Jokowi didampingi Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushi untuk melihat kerusakan yang terjadi akibat perang.

Didampingi bersama ibu negara Iriana Jokowi, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, setelah mengunjungi Irpin, Jokowi akan mengunjungi Pusat ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ, dan Jaringan Endokrin di Kyiv. Setelah itu bertemu dengan Presiden Vladimir Putin.

Sebelumnya, Jokowi tiba di Kyiv pukul 08.50 waktu setempat dan berangkat dari Polandia menuju menggunakan kereta khusus luar biasa. Setelah dari , Jokowi dilaporkan media Rusia akan bertolak ke Moskow untuk bertemu Presiden Vladimir Putin pada 30 Juni.

Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi, Jokowi ke dan Rusia membawa misi damai.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here