Tuesday, 23 April 2024
HomePolitikJokowi Diisukan Reshuffle Kabinet Rabu Besok, Ini Kata Pramono Anung

Jokowi Diisukan Reshuffle Kabinet Rabu Besok, Ini Kata Pramono Anung

Bogordaily.net– Isu lagi-lagi menyeruak. Bahkan kabarnya, Rabu, 15 Juni 2022 besok, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan perombakan kabinet.

Ditanya soal kabar tersebut Sekretaris Kabinet Pramono Anung tidak membantah atau pun membenarkan.

Menurutnya waktu untuk melakukan ditentukan sepenuhnya oleh .

“Yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya Presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan saja ya terserah Presiden, mau hari ini, mau besok, mau lusa, kewenangan itu sepenuhnya ada pada Presiden,” kata Pramono Anung di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, 14 Juni 2022.

Sebagaimana kabar yang berkembang, sejumlah elite politik memperkirakan akan melakukan perombakan kabinet Rabu, 15 Juni 2022 besok.

“Yang jelas Presiden kan sudah 8 tahun di pemerintahan ini, dan beliau tahu banget apa kebutuhan dari kabinet ini, sehingga beliau sangat tahu lah,” tambah Pramono dikutip Suara.com dari Antara.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pun telah menyatakan partai-nya siap bekerja dengan siapa pun yang akan ditunjuk oleh bila terjadi .

Partai yang disebut-sebut berpeluang kuat masuk kabinet adalah Partai Amanat Nasional, sebab partai yang dipimpin Zulkifli Hasan itu, pada Agustus 2021 silam diajak dalam pertemuan partai koalisi oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. Kala itu PAN bahkan diperkenalkan dalam pertemuan sebagai sahabat baru koalisi.

“Pokoknya itu kewenangan sepenuhnya Presiden, maunya kapan, orangnya dari mana, partainya apa, kebutuhannya apa. Itu Presiden yang tahu karena pemerintahan ini kan masih 2 tahun lagi, sehingga dengan kebutuhan dan kecepatan itu Presiden yang memutuskan,” jelas Pramono.

Sementara itu isu bukan kali ini saja berembus kencang. Pada Maret 2022 lalu, Jokowi juga dikabarkan akan melakukan perombakan kabinet. Kala itu kabarnya Partai Amanat Nasional (PAN) akan masuk dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here