Friday, 29 March 2024
HomeNasionalJokowi Perintahkan Kemenlu Bantu Pemulangan Jenazah Eril, Putra Ridwan Kamil

Jokowi Perintahkan Kemenlu Bantu Pemulangan Jenazah Eril, Putra Ridwan Kamil

Bogordaily.net – Presiden Joko Widodo (jokowi) perintahkan Kementerian Luar Negeri dan Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad agar membantu pemulangan Emmeril Kahn Mumtadz atau , putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Jokowi menyampaikan rasa duka cita atas peristiwa itu. Ia juga mengaku telah berkomunikasi dengan Ridwan Kamil terkait musibah yang terjadi.

“Ya saya sudah dua hari lalu, saya sudah berkomunikasi dengan Pak Ridwan Kamil untuk menyampaikan duka cita yang mendalam tapi Alhamudillah sudah ditemukan,” ucap Jokowi.

Seperti diketahui, Kepolisian Bern Swiss menemukan jasad di Bendungan Engehalde pada Rabu, 8 Juni 2022, pagi waktu setempat.

Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad sebelumnya mengumumkan Jasad Emmeril Kahn Mumtadz telah ditemukan pada Rabu, 8 Juni 2022 waktu setempat, berdasarkan keterangan dari Kepolisian Kanton Bern.

“Kemarin Polisi Bern menemukan jasad yang diduga pada 6.50 waktu Swiss atau 11.50 WIB. Sesuai prosedur, forensik melakukan penelusuran DNA untuk memastikan jasad yang ditemukan memang ananda ,” kata Dubes Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad dalam konferensi pers secara virtual,dikutip dari Antara, Jumat 10 Juni 2022.

Muliaman menjelaskan, pada Kamis, 9 Juni 2022 siang waktu Swiss, hasil tes DNA akhirnya keluar. “Hasilnya, jasad yang ditemukan kemarin memang . Ini sudah disampaikan melalui Kepolisian Bern secara resmi,” ujarnya.

Sesuai prosedur hukum di Swiss, kata dia, berbagai berkas diberikan ke Kantor Hukum Bern untuk serah terima .

Pihaknya, kata dia, sudah memberikan kewenangan pada keluarga untuk menerima Eril. Bahkan, hak-hak Eril sudah terpenuhi sesuai syariat islam.

“Proses pengurusan pemulangan Eril akan kami bantu hingga sampai ke Indonesia dan agar bisa berjalan dengan lancar. Kemenlu akan memfasilitasi kedatangan rombongan keluarga dan di bandara nanti,” ujarnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here