Friday, 29 March 2024
HomeBeritaJurnalis Senior Hilang di Lembah Zavari, Daerah Terasing di Hutan Amazon

Jurnalis Senior Hilang di Lembah Zavari, Daerah Terasing di Hutan Amazon

Bogordaily.net – Seorang senior asal Inggris dan pakar urusan adat Brasil hilang di Amazon. Tepatnya di Lembah Javari, daerah terpencil di bagian paling barat negara bagian Amazonas, Brasil.

Angkatan Laut Brasil pada Senin, 6 Juni 2022,  mengerahkan 10 personel untuk mencari keberadaan Inggris Dom Philips dan pakar masyarakat adat, Bruno Pereira.

Phillips dan Pereira hilang saat melakukan peliputan di sebuah daerah terpencil dan tanpa hukum di hutan hujan Amazon dekat perbatasan dengan Peru. Mereka telah hilang selama lebih dari 30 jam, menurut Koordinasi Organisasi Adat yang dikenal sebagai UNIVAJA.

Pihak UNIVAJA mengatakan bahwa informasi satelit menunjukkan lokasi terakhir kedua orang itu adalah di komunitas SĂŁo Rafael pada Minggu 5 Juni 2022. Mereka diketahui hendak bertemu dengan seorang pemimpin adat yang tidak pernah muncul.

Setelah itu, keduanya berencana melakukan perjalanan dua jam ke Atalaia do Norte. Namun sayangnya, mereka tidak pernah tiba.

Lembah Javari adalah rumah bagi ribuan penduduk asli dan sekitar 16 suku adat yang belum pernah terjamah dunia luar. Sungai yang tambal sulam dan hutan yang lebat membuat akses menuju Lembah Javari sangat sulit.

Dalam sebuah siaran pers, UNIVAJA menyatakan bahwa Phillips dan Pereira sempat menerima ancaman pembunuhan sebelum menghilang.

“Kami tekankan bahwa dalam minggu hilangnya, menurut laporan dari karyawan UNIVAJA, tim menerima ancaman di lapangan. Ancaman itu bukan yang pertama,” kata rilis tersebut.

Lembah Javari berada di bawah perlindungan pemerintah, tetapi serangan berulang kali terjadi di daerah ini. Mengutip laporan CNN, serangan terjadi akibat perampasan tanah, penambangan ilegal, perburuan ilegal, dan nelayan ilegal bahkan menghasilkan konflik berdarah.

Pada September 2019, pekerja urusan adat lainnya Maxciel Pereira dos Santos dibunuh di daerah yang sama, menurut Kantor Kejaksaan Umum Brasil.

Kantor kejaksaan federal Brasil dan polisi federal sedang melakukan penyelidikan. Menurut Eliesio Marubo, perwakilan hukum UNIVAJA, Angkatan Laut dan polisi militer negara bagian juga berpartisipasi dalam upaya pencarian.

Gubernur negara bagian Amazonas, Wilson Lima, telah memerintahkan pengerahan pasukan polisi khusus untuk memperkuat operasi pencarian dan penyelamatan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here