KAI Terapkan Sistem Pembayaran Cashless untuk Operasional LRT

Menu

Mode Gelap
Terbaru! Ini Lokasi Sim Keliling Kota Bogor, Jumat 30 Sepember 2022 Lagi! Kota Bogor Hujan Hari Ini, Jumat 30 September 2022 Melonjak Rp 10 ribu Per Gram, Cek Harga Emas Antam Hari Ini Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM Kota Bogor, Kamis 29 September 2022 Siap-siap Payung, Kota Bogor Hujan Hari Ini, Kamis 29 September 2022

Nasional · 3 Jun 2022 12:49 WIB

Siap-siap, KAI Terapkan Sistem Pembayaran Cashless untuk Operasional LRT


 LRT. (Kompas/Bogordaily.net) Perbesar

LRT. (Kompas/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero menyiapkan sistem pembayaran cashless untuk operasional lintas rel terpadu (LRT) Jabodebek.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menerangkan, LRT Jabodebek siap menerapkan sistem pembayaran cashless guna mendukung Gerakan Nasional Non Tunai.

“KAI akan melakukan integrasi ticketing system secara menyeluruh dimana semua kartu uang elektronik transportasi, kartu uang elektronik perbankan, dan dompet digital yang ada akan dapat digunakan untuk naik LRT Jabodebek,” ujar Joni dalam keterangan persnya, di Jakarta, dikutip dari PMJ, Jumat 3 Juni 2022.

Menurutnya, saat ini kartu uang elektronik transportasi yang akan diterapkan yaitu Kartu Multi Trip (KMT) milik KAI Commuter. KMT dapat digunakan untuk naik angkutan KA pada berbagai layanan KAI Group. Antara lain, KRL Jabodetabek, KRL Yogyakarta-Solo, dan KA Bandara Soekarno-Hatta.

Sementara itu, sejak akhir 2021, KMT juga sudah dapat digunakan untuk naik moda transportasi umum lainnya. Di antaranya, MRT Jakarta, LRT Jakarta, dan Transjakarta.

Bagi pelanggan yang menggunakan kartu uang elektronik, maka alur pembayaran LRT Jabodebek yakni pelanggan terlebih dahulu melakukan tap ini di stasiun keberangkatan.

Tap in intuk cek validasi kartu dan cek saldo, dan tulis area data perjalanan.

“Tiba di stasiun tujuan, penumpang LRT Jabodebek melakukan tap out dan saldo kartu uang elektroniknya otomatis terpotong,” ucap Joni.

Kemudian, bila pelanggan membayar dompet digital, penumpang LET Jabodebek melakukan tap in untuk cek validasi QR pembayaran, cek saldo, potong saldo untuk tarif terjauh, dan tulis area data perjalanan.

Setibanya di stasiun tujuan, penumpang melakukan tap out untuk membaca QR dan saldo akan dikembalikan jika terdapat selisih.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Hutan Perhutana, Hutan Kolektif Pertama di Dunia

1 Oktober 2022 - 11:51 WIB

Tapanuli Utara Diguncang Gempa Magnitudo 6.0, Berikut Jumlah Korban dan Daftar Kerusakan

1 Oktober 2022 - 10:57 WIB

Ingat! 7 Golongan Ini Tidak Akan Dapat BSU Rp600 Ribu, Kamu Termasuk?

1 Oktober 2022 - 08:54 WIB

Narasi TV Resmi Laporkan Peretasan ke Bareskrim Polri

30 September 2022 - 22:59 WIB

Rizal Ramli Ungkap Dampak Konflik Amerika-Rusia-China bagi Indonesia, Apa Saja?

30 September 2022 - 21:20 WIB

Pengumuman! Polisi Dilarang Tilang Manual Selama Operasi Zebra 2022

30 September 2022 - 20:27 WIB

tilang manual
Trending di Nasional