Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorKasus PMK Meningkat, Diskanak Segera Lakukan Vaksin Hewan

Kasus PMK Meningkat, Diskanak Segera Lakukan Vaksin Hewan

Bogordaily.net – Menjelang Hari Raya Idul Adha, kasus Penyakit Mulut dan Kuku () pada hewan ternak di terus meningkat secara signifikan.

Seperti halnya jumlah sapi yang terkena di kawasan usaha peternakan (kunak), Kacamatan Pamijahan, , meningkat hingga 910 ekor.

Untuk itu, Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Bogor akan melakukan penyuntikan dalam waktu dekat kepada hewan ternak, guna meminimalisir penyebaran .

Sub Koordinator Kesmavet Diskanak Kabupaten Bogor, Hardi Hendriwan, menjelaskan bahwa, pihaknya sudah memberikan data hewan Dinas Perikanan dan Peternakan tingkat Provinsi yang masuk kualifikasi .

“Jumlah data yang dikirimkan ke provinsi yaitu sekitar 9.530 dosis untuk hewan di Kabupaten Bogor. Kemarin diminta data prioritas, karna itu prioritas yang lebih sensitif terhadap , kami mengusulkan sapi perah, sapi potong dan kerbau, tapi yang utama itu sampi perah,” ungkapnya kepada wartawan pada Selasa 14 Juni 2022.

Sebelumnya diberitakan, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan memastikan semua sapi yang terkonfirmasi wabah penyakit mulut dan kuku () berasal dari luar Kabupaten Bogor.

Termasuk sapi yang berada di Pasar Hewan Jonggol, kata Iwan berasal dari luar Kabupaten Bogor dan Jawa Barat.

“Dan itu pun kalau ada yang satu positif kita tutup sementara selama 14 hari. Ini kan kebanyakan dari luar Jawa Barat, seperti daerah-daerah yang ada di Jawa Timur dan Jawa Tengah,” kata Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan.

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here