Saturday, 4 May 2024
HomeKota BogorKejuaraan Piala Tetap Wali Kota Bogor 2022, DPD PPSI Kota Bogor Gelar...

Kejuaraan Piala Tetap Wali Kota Bogor 2022, DPD PPSI Kota Bogor Gelar Ajang Kejuaraan Pasanggiri Seni Pencak Silat

Bogordaily.net – DPD Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) menggelar ajang Pasanggiri Seni Pencak Silat se-Jabodetabek di Bumi Ageung, Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, pada Sabtu 18 Juni 2022.

yang dilaksanakan pertama di ini memperebutkan piala tetap Wali 2022. Seperti diketahui, pencak silat Indonesia telah mendapat predikat penghargaan dari UNESCO sebagai warisan budaya atau tradisi yang diakui dunia.

Selain untuk memperebutkan piala tetap Wali Kota Bogor 2022, Pasanggiri Seni Pencak Silat menjadi ajang melestarikan pencak silat ditataran wilayah khususnya Jabodetabek.

“Seni pencak silat merupakan tradisi di Indonesia yang diakui dunia, jadi harus dipertahankan dan dimajukan. Tugas kita dari pengurus maupun masyarakat yakni bersama-sama memajukan budaya bangsa Indonesia. Sebab, kalau bukan kita, siapa lagi?,” kata Ketua DPD PPSI Kota Bogor, Firman Hidayat.

Lebih lanjut, Firman mengatakan, dalam Pasanggiri Seni Pencak Silat diikuti oleh seluruh PPSI se-Jabodetabek dengan jumlah sekitar 140 peserta dari berbagai perguruan masing-masing wilayah.

Kendati demikian, dari total keseluruhan peserta yang mengikuti Piala Tetap Wali Kota Bogor 2022, dalan gelaran Ajang Pasanggiri Seni Pencak Silat ini, kebanyakan berasal dari PPSI Kota Bogor.

“30 persen pesertanya dari kita. Mudah-mudahan dengan kita menyelenggarakan event ini, masyarakat tergugah kembali untuk melestarikan warisan budaya bangsa. Jadi kita harus bangga dengan pencak silat sebagai warisan tradisi yang diakui dunia,” ungkapnya.

(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here