Monday, February 6, 2023
HomeKesehatanKetahui, Ini 5 Cara Mengatasi Stres dalam Waktu Cepat

Ketahui, Ini 5 Cara Mengatasi Stres dalam Waktu Cepat

IIMS

Bogordaily.net– Stres menjadi hal yang kerap dialami banyak orang. Sebab setiap orang tentunya mempunyai tekanan dalam kehidupannya kecil ataupun besar. Semua itu kembali lagi kepada bagaimana cara setiap orang menghadapi masalah agar jangan sampai menimbulkan stres berkepanjangan. Mengatasi stres bisa dilakukan dengan berbagai cara termasuk yang membutuhkan waktu cepat. Sebagaimana dilansir Your Say Suara.com dari Alodokter, berikut lima cara mengatasi stres dalam waktu singkat.

Bernapas

Berdasarkan ahli dari Mind/Body Center for Women’s Health, AS, cukup hanya satu menit istirahat kamu dapat menenangkan saraf sistem otonom tubuh. Dengan cara menarik napas yang dalam maka akan meningkatkan asupan oksigen dan dampaknya tubuh terasa lebih tenang. Akan tetapi, menarik napasnya harus dari diafragma dan bukan sembarangan.

Makan Sedikit Cokelat

Menurut ahli dalam Journal Proteome Research, kandungan pada cokelat hitam bisa membantu tubuh untuk mengurangi hormon stres.  Bisa memakan cokelat hitam dengan takaran 1,4 ons sehari dalam kurun waktu dua minggu untuk mengurangi hormon stres tersebut. Namun sebaiknya, jangan mengonsumsi cokelat secara berlebihan agar gula darah tetap terjaga.

Menatap Gambar Snowflake

Sebuah penelitian dari Unversity of Oregon, cara mengatasi stres berikutnya adalah dengan menatap gambar dengan pola tersebut (fractal patterns) maka stres bisa berkurang sebanyak 44 persen. Pasalnya, pola tersebut atau snowflake ini dapat membuat pikiran kamu lebih tenang.

Minum Teh

Minum teh juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan stres, namun teh yang disarankan adalah teh hijau.  Dalam teh hijau mengandung asam amino derivatif dan theanine yang dapat memengaruhi gelombang otak alpha dan akan membuatnya lebih rileks. Kemudian, kandungan chamomile di dalamnya juga bisa meringankan gejala kecemasan.

Pergilah Keluar

Apabila stres melanda ada baiknya pergi keluar ruangan karena hal yang terbilang sepele ini dapat meningkatkan kadar norepinephrine, yakni zat kimia yang bisa membantu otak melawan stres. Kemudian, dengan melakukan aktivitas di luar ruangan juga bisa meningkatkan suasana hati dan energi positif bagi semua orang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Gabung dengan Kami

Loker Bogor Daily

Invitation Investor Gathering

Anton S Suratto

Perumda Tirta Pakuan

PAN Jawa Barat

Harlah PPP

Dirgahayu PDI Perjuangan

RSUD Ciawi

RSUD Leuwiliang

Antam

Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama

Perumda Tirta Kahuripan

Sienna Residence bogor

UIKA Bogor