Saturday, 20 April 2024
HomePolitikKIB Disebut Jadi Kendaraan Politik Ganjar di 2024, Begini Jawaban PAN

KIB Disebut Jadi Kendaraan Politik Ganjar di 2024, Begini Jawaban PAN

Bogordaily.net– Pembentukan (KIB) diisukan untuk mengusung pada . Menanggapi hal itu, Sekretaris Jenderal Eddy Soeparno membantah KIB dibentuk untuk mengusung gubernur Jawa Tengah itu.

“Ya itu spekulatif, tidak ada bukti empiris terkait hal tersebut,” ujar Eddy di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta sebagaimana dilansir Suara.com, Senin, 13 Juni 2022.

Menurut Eddy, sampai saat ini KIB membuka diri kepada siapa pun tokoh yang memang layak menjadi capres. KIB belum memutuskan siapa tokoh yang mereka usung. Semua kesempatan terbuka, kata dia baik itu dari calon dari internal KIB maupun tokoh eksternal.

“Tentu melalui kajian pendalaman ya dari tim yang akan dibentuk oleh KIB, apakah bentuknya tim penjaringan, seleksi atau apapun. Tetapi kita membuka diri untuk seluruh putra terbaik dan putri terbaik bangsa ini,” jelasnya.

Terpisah, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia membantah, jika telah ada kesepakatan di partai-partai yang tergabung dalam KIB untuk mengusung sebagai calon presiden 2024.

Doli menyatakan, KIB belum masuk pada pembahasan mengenai capres.

Sebelumnya, beredar isu adanya kesepakatan mengusung Ganjar tidak terlepas dari kehadiran Ketua Umum Projo Budi Arie pada acara silaturahmi KIB pada akhir pekan kemarin.

“Seperti yang saya katakan, bab bicara tentang soal penetapan pasangan capres cawapres itu ketika bab-bab sebelumnya membahas tentang normatif, konsespsi selesai. Nah, kita masih dalam tahap itu, nanti akan ada waktunya kita bicara siapa pasangannya,” kata Doli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Terkait kehadiran Ketua Umum Projo dalam agenda silaturahim tiga partai yang kini berkoalisi tersebut, Doli memastikan, kehadiran Budi di acara KIB itu karena memenuhi undangan.

“Kita mengundang semua pihak, termasuk Pak Budi sebagai Ketua Projo, Alhamdulillah beliau datang. Kami sangat senang, setidaknya apa yang dilakukan oleh mendapatkan support moral termasuk Projo,” kata Doli.

Hal senada disampaikan Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily. Ace menyebut, kehadiran Ketua Umum Projo Budi Arie dalam acara silaturami nasional KIB tidak terkait dengan pengusungan Gubernur Jawa Tengah untuk .

Menurutnya, kehadiran Projo dalam acara KIB di Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Sabtu malam kemarin atas dasar undangan saja.

“Ini tidak ada kaitannya dengan Ganjar sama sekali, kehadiran Projo di sana adalah bahwa Projo merupakan undangan dari KIB,” kata Ace.

Ia juga menegaskan, Projo dengan KIB mempunyai irisan yang sama yakni punya komitmen untuk menghantarkan, mengawal, dan mensukseskan pemerintahan Jokowi sampai 2024.

“Jadi, kami mengundang Projo ini adalah bagian dari upaya kita untuk menegaskan bahwa kami saat ini masih berada dalam koalisi pemerintahan yang mendukung Presiden Jokowi sampai 2024 dan itu tidak ada kaitannya dengan soal pencapresan di tahun 2024,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ace mengatakan, sikap Presiden Jokowi sendiri soal capres tidak akan terburu-buru untuk memutuskan siapa yang akan didukung.

“Presiden Jokowi sendiri kan sudah menyampaikan bahwa soal capres kan ojo kesusu, kalau bahasa Pak Airlangga karena beliau juga punya darah Sunda, ulah gagancangan,” katanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here