Kisah Siti Hajar dan Bukit Shafa Hingga Hadirnya Air Zam-Zam

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Antam Naik Hari Ini, Kamis 8 Desember 2022 Info Gempa Terkini di Indonesia, Rabu 7 Desember 2022 Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 7 Desember 2022 Perpanjang SIM Kabupaten Bogor, Berikut Harga dan Lokasinya Usai Depak Korsel, Vinicius Berharap Bisa Menari sampai Final Piala Dunia

Haji 2022 · 22 Jun 2022 12:04 WIB

Kisah Siti Hajar dan Bukit Shafa Hingga Hadirnya Air Zam-Zam


 Bukit Shafa dan Marwah adalah Dua Buah Bukit yang Terletak Dekat dengan Ka’bah (Baitullah). (tribun/Bogordaily.net) Perbesar

Bukit Shafa dan Marwah adalah Dua Buah Bukit yang Terletak Dekat dengan Ka’bah (Baitullah). (tribun/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Bukit Shafa adalah bukit kecil yang terletak pada jarak kurang lebih 130 meter di sebelah selatan Masjidil Haram, Makkah. Bukit Safa merupakan tempat Siti Hajar, istri Nabi Ibrahim AS, memulai perjalanan mencarikan air untuk anaknya, Ismail AS.

Siti Hajar berlari mendaki Bukit Safa, kemudian turun menuju Bukit Marwah sampai tujuh kali. Peristiwa ini kemudian diabadikan umat Islam dengan melakukan sa’i (lari-lari kecil) saat menunaikan ibadah haji.

Melakukan hat tersebut menjadi salah satu dari rukun haji dan umrah, yakni melaksanakan Sa’i. Ketika melintasi Bathnul Waadi, yaitu kawasan yang terletak di antara Bukit Shafa dan Marwah (saat ini ditandai dengan lampu neon berwarna hijau), para jamaah pria disunahkan untuk berlari-lari kecil, sedangkan untuk jamaah wanita berjalan cepat.

Ibadah Sa’i boleh dilakukan dalam keadaan tidak berwudhu dan oleh wanita yang datang haid atau nifas.

Bukit Shafa dan Marwah adalah dua buah bukit yang terletak dekat dengan Ka’bah (Baitullah). Bukit Shafa dan Marwah yang berjarak sekitar 450 meter. Jauh sebelum perintah ibadah haji dilaksanakan, Bukit Shafa dan Marwah telah menjadi saksi sejarah perjuangan seorang ibu dalam menyelamatkan anaknya dari kehausan puluhan abad silam.

Bukit Shafa dan Marwah ini memiliki sejarah yang sangat penting dalam dunia Islam, khususnya dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah.

Perjalanan hidup Siti Hajar mengantarkan ia pada suatu hari yang sangat berat. Hari tersebut adalah hari ketika Nabi Ibrahim, suami dari Siti Hajar dan ayah dari Nabi Ismail, memutuskan untuk memindahkan Siti Hajar ke suatu tempat karena kecemburuan yang dimiliki oleh Siti Sarah, istri pertama Nabi Ibrahim.

Dari tempat ia berada, Siti Hajar melihat sebuah bukit, yaitu Bukit Shafa. Ia kemudian bergegas mencari air menuju puncak Bukit Shafa, akan tetapi nihil. Ia tidak menemukan apapun. Kemudian ia bergegas turun ke arah Bukit Marwah, namun nihil juga. Siti Hajar kembali lagi ke Bukit Shafa, dan kembali lagi ke Bukit Marwah. Demikian seterusnya hingga tujuh kali.

Setelah tujuh kali bergegas dari Shafa ke Marwah dan sebaliknya, dari Bukit Marwah Siti Hajar mendengar suara gemericik air. Ia kemudian menghampiri arah suara tersebut. Betapa terkejutnya ia ketika menemukan pancaran air yang deras keluar dari dalam tanah di bawah telapak kaki Nabi Ismail.

Kini air tersebut kemudian dinamakan dengan air zamzam. Dan hingga saat ini, air zam-zam tidak pernah surut ataupun kekeringan. Orang-orang Arab yang melintasi kawasan tersebut kemudian memutuskan untuk tinggal dan jadilah saat ini menjadi Kota Mekah yang berkembang.

Di tempat tersebut kemudian dilaksanakan badah haji dan umroh oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Dan peristiwa Siti Hajar tersebut kemudian dijadikan dasar ibadah sa’i yang saat ini dilakukan ketika ibadah umroh atau haji.

Bukit ini sekarang sudah berada dalam bangunan yang beratap dan berlantai marmer. Jadi, kita tidak lagi merasakan panasnya gurun pasir seperti Siti Hajar.

Bukit Shafa ditandai dengan lampu biru pada dinding masjid yang berhadapan dengan Hajar Aswad. Di bukit Safa-lah kita memulai sa’i. Di situ pula Siti Hajar mulai mencari air untuk anaknya dengan mendaki bukit ini.***

 
Artikel ini telah dibaca 600 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Operasional Haji 2022 Berakhir, Total 89 Jamaah Wafat

13 Agustus 2022 - 15:17 WIB

Selamat! Arab Saudi Beri Penghargaan ke Indonesia Atas Layanan Haji

12 Agustus 2022 - 10:36 WIB

Menilik Jabal Rahmah, Salah Satu Tempat yang Didatangi Jamaah Haji

11 Agustus 2022 - 13:42 WIB

Sudah 81.612 Jamaah Haji Indonesia Tiba di Tanah Air

10 Agustus 2022 - 09:10 WIB

Update! Sudah 78.369 Jamaah Haji Tiba di Indonesia

9 Agustus 2022 - 10:25 WIB

Badai Pasir di Madinah, Ini Pesan Buat Jamaah Haji Indonesia

8 Agustus 2022 - 14:57 WIB

Trending di Haji 2022