Friday, 26 April 2024
HomeKota BogorKomandan Yonif 315/Garuda Berbagi Cerita Selama Bertugas di Papua

Komandan Yonif 315/Garuda Berbagi Cerita Selama Bertugas di Papua

Bogordaily.net – Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) , yang dilaksanakan ratusan prajurit Batalyon Infanteri 315/Garuda tiba di Kota Bogor pada Rabu sore, 29 Juni 2022.

Pulangnya rombongan kontingen Pasukan Satgas Pamrahwan yang dipimpin langsung Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 315/Garuda, Letkol Inf Suryanto ini disambut Dandim 0606 Kota Bogor, Wakil Wali Kota Bogor dan Kapolresta Bogor Kota hingga ribuan masyarakat Bogor.

Komandan Satgas Pamrahwan yang juga Komandan /Garuda, Letkol Inf Suryanto mengatakan, bahwa Prajurit /Garuda ini mendapat tugas ke itu berjalan selama satu tahun, tepatnya pada Juni 2021 lalu dan hari ini kembali pulang dengan selamat tanpa kekurangan apapun, dan prajurit yang ikut semuanya lengkap yakni 400 prajurit.

“Kita di daerah penugasan bisa merangkul masyarakat tentu dengan upaya-upaya semaksimal mungkin dengan pendekatan pendekatan teritorial. Di sana kami ada selogan yang juga diturunkan dari Kolahok kami Korem 174 yaitu Baktiku Untuk , Berani Untuk Mencintai, Melindungi dan Menjunjung Tinggi Harkat dan Martabat Orang itu sebagai pedoman kita,” ujar Letkol Inf Suryanto saat mengawali pengalaman di Pamrahwan kepada media, Rabu petang, 29 Juni 2022.

Ia melanjutkan, selama di lokasi penugasan jangan sekali-kali anggota Satgas menyakiti hati masyarakat orang Papua. Karena, kalau sudah tersakiti maka masyarakat Papua menjadi antipati kepada anggota Satgas 315.

“Makanya itu bagaimana caranya dalam setiap kita melaksanakan kegiatan kemudian bergaul dengan masyarakat, kita berusaha untuk menarik simpati masyarakat, tentu dengan kegiatan-kegiatan yang memang bersentuhan dengan teritorial, seperti pelayanan kesehatan, mengajar, termasuk bercocok tanam dan lain sebagainya,” jelasnya.

Selama bertugas di Pamrahwan Papua, pihaknya mengaku belum pernah kontak senjata. “Alhamdulilah kondisi di masing-masing pos bisa kita upayakan jaga semaksimal mungkin,” ucapnya.

Suryanto menambahkan, di lokasi penugasan Satgas 315 memiliki 19 pos, diantaranya 13 pos di wilayah Kabupaten Timika dan 6 pos di wilayah Kabupaten Merauke, Mapi dan Asmat. Dimana dalam satu posnya itu kurang lebih 20 sampai 30 orang.

“Alhamdulillah berangkat 400 prajurit, dan pulang kembali 400 prajurit. Itu juga merupakan salah satu prestasi, karena salah satu keberhasilan tugas membawa anggota berangkat lengkap 400, pulang pun juga 400,” tutupnya.

Heri Supriatna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here