Profil AKBP Raden Brotoseno, Suami Tata Janeeta yang Kontroversial

Menu

Mode Gelap
FIFA Resmi Umumkan Jadwal Kick-off Piala Dunia 2022 Dimajukan Hari Ini Harga Emas Antam Turun Rp 5.000 Per Gram Diserang Kelompok ADF, 800 Napi Penjara di Kongo Timur Kabur Jangan Telat Perpanjang Sim, Cek di Sini Lokasinya! Bupati Pemalang Terjaring OTT KPK

Tokoh ยท 9 Jun 2022 10:14 WIB

Profil AKBP Raden Brotoseno, Suami Tata Janeeta yang Kontroversial


 Profil Raden Brotoseno (instagram/@tatajaneetaofficial) Perbesar

Profil Raden Brotoseno (instagram/@tatajaneetaofficial)

Bogordaily.net – AKBP Raden Brotoseno namanya kembali mencuat setelah sebelumnya sempat tenggelam. Kali ini karena dia kembali bertugas sebagai polisi setelah menjadi narapidana kasus korupsi.

Publik pun heboh dengan fakta tersebut.

Kapolri langsung menggelar rapat dengan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Tujuan utama rapat ini untuk meninjau kembali hasil sidang kode etik Raden Brotoseno.

Nama AKBP Raden Brotoseno tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Brotoseno pernah diisukan menikah siri dengan eks terpidana korupsi Angelina Sondakh. Kini, dia adalah suami penyanyi Tata Janeeta.

Lantas siapakan sosok Brotoseno yang tengah menuai sorotan ini? Simak profil Raden Brotoseno yang dirangkum dari berbagai sumber.

Profil Raden Brotoseno

Raden Brotoseno adalah seorang polisi yang pernah bertugas sebagai penyidik Madya Dittipitsiber Bareskrim Polri. Saat itu dia memiliki pangkat Ajun Komisaris Besar Polri (AKBP).

Raden Brotoseno merupakan alumni dari di SMA Negeri 54 Jakarta Timur. Suami dari penyanyi Tata Janeeta itu kemudian melanjutkan pendidikan ke Universitas Indonesia.

Karier Raden Brotoseno

Saat menjabat sebagai sebagai Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), Raden Brotoseno sempat menjadi staf Sumber Daya Manusia Polri di Biro Pembinaan Karier, dan Kepala Unit di Direktorat Tindak Pidana Korupsi di Badan Reserse dan Kriminal Polri.

Tak hanya itu, Brotoseno juga pernah bertugas sebagai Perwira Menengah Bareskrim Mabes Polri. Kiprah Raden Brotoseno berlanjut ke Komisi Pemberantasan Korupsi. Saat itu dia ditunjuk menjadi penyidik KPK.

Kasus Korupsi Raden Brotoseno

Pada 2017, Raden Brotoseno ditangkap Divisi Profesi dan Pengamanan Polri lantaran terbukti menerima suap senilai Rp1,9 miliar dari pengacara Jawa Pos Group, Harris Hedar.

Suap tersebut diberikan agar Raden Brotoseno menunda pemeriksaan terhadap pemilik Jawa Pos, Dahlan Iskan. Akibatnya, Brotoseno divonis 5 tahun penjara dengan denda Rp300 juta subsider 3 bulan kurungan.

Raden Brotoseno hanya menjalani hukuman selama kurang lebih 3 tahun meski divonis 5 tahun penjara. Hal ini karena dia mendapatkan bebas bersyarat dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Brotoseno dibebaskan pada 15 Februari 2020.

Pernikahan Raden Brotoseno

Raden Brotoseno sempat diisukan menikah siri dengan Angelina Sondakh. Kabarnya hubungan mereka telah terjalin sejak mantan Puteri Indonesia 2001 itu mendekam di dalam tahanan.

Sebelum Angelina Sondakh, Raden Brotoseno sempat menikah dengan seorang dokter selama 8 tahun dan dikaruniai seorang anak laki-laki. Keduanya bercerai pada Mei 2011.

Kemudian pada November 2020, Raden Brotoseno menikahi Tata Janeeta. Dari pernikahan ini, keduanya dikaruniai seorang putra bernama Erlangga Danendra Brotoseno yang lahir pada Juni 2021.

Itulah profil Raden Brotoseno yang tengah menjadi sorotan karena kembali bertugas sebagai polisi setelah menjadi narapidana kasus korupsi. ***

sumber: suara.com

Artikel ini telah dibaca 4.000 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Sosok Gudfan Arif Ghofur, Bendahara Umum PBNU Gantikan Mardani Maming

13 Agustus 2022 - 15:33 WIB

Profil Bima Sakti, Arsitek Timnas U-16 yang Jadi Juara AFF 2022

12 Agustus 2022 - 23:47 WIB

Profil Sayuti Melik Tokoh Penting di Balik Teks Proklamasi

12 Agustus 2022 - 21:45 WIB

profil Sayuti melik

Lantang Bongkar Upaya Suap Ferdy Sambo, Ini Profil Ketua LPSK Hasto Atmojo Saroso

12 Agustus 2022 - 19:43 WIB

Profil dan Biodata AKP Rita Yuliana, Polwan Cantik Dipusaran Kasus Ferdy Sambo

12 Agustus 2022 - 16:06 WIB

Profil Mukti Agung Wibowo, Bupati Pemalang yang Ditangkap KPK

12 Agustus 2022 - 12:40 WIB

Trending di Tokoh