Friday, 26 April 2024
HomeKabupaten BogorKorban Tertimbun Longsor di Desa Cibunian Pamijahan Akhirnya Ditemukan

Korban Tertimbun Longsor di Desa Cibunian Pamijahan Akhirnya Ditemukan

Bogordaily.net– Perjuangan Tim SAR gabungan mencari korban yang tertimbun di Kampung Muara, Desa Cibunian, Kecamatan Kabupaten Bogor membuahkan hasil. Satu korban, Umar (42) ditemukan terkubur material sedalam 3 meter, Sabtu 25 Juni 2022.

Kasie Operasi dan Siaga Basarnas Jakarta, Agung Priambodo mengatakan, jasad korban ditemukan sekitar pukul 11.00 WIB.

“Jarak dari rumah korban ke tempat penemuan sekitar 10-15 meter,” kata Agung Priambodo kepada wartawan.

Ia menjelaskan,  korban ditemukan dalam operasi Tim SAR Gabungan dibantu warga sekitar pada hari ketiga pencarian.

“Memang yang melihat tanda-tanda itu dari warga, lalu digali kembali memang betul korban,” katanya.

Korban diketahui bernama Umar (42) sempat dikabarkan hilang saat bencana banjir bandang dan tanah yang terjadi pada Rabu, 22 Juni 2022 lalu.

“Untuk korban sendiri kami sudah konfirmasi ke keluarga bahwa itu memang atas mana Umar,” tegasnya.

Lebih lanjut kata Agung, korban kemudian dibawa ke rumah keluarga korban yang tak jauh dari lokasi korban ditemukan.

“Kondisi jenazah telentang menggunakan sarung. Jadi, pencarian atas nama Umar sudah selesai karena memang tidak ada perkembangan informasi lain terkait korban yang hilang. Korban dibawa ke salah satu rumah saudaranya, di Kampung Cipatan,” katanya.

Petugas Tim SAR gabungan mengevakasi korban yang tertimbun di Kampung Muara, Desa Cibunian, Kecamatan Kabupaten Bogor.(Ruslan/Bogordaily.net)

Sebelumnya diberitakan hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor dan sekitarnya mengakibatkan bencana di Kampung Pondok Gomong, Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Rabu, 22 Juni 2022 malam.

Akibat tanah tersebut, enam rumah milik warga sekitar mengalami rusak berat, bahkan satu rumah tertimbun longsoran tanah.

Berdasarkan data yang diperoleh Bogordaily.net, kondisi rumah yang terkena bencana tersebut salah satu di antaranya milik Tata (28) dengan kondisi rata dengan tanah. Selanjutnya lima rumah lainnya kondisinya rusak berat yakni Ahdi (40), Ajum (50), Juju (40), Kadi (47), dan Adrian (30).

Tak hanya banjir bandang juga menerjang Kampung Cisarua, Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Bencana tersebut mengakibatkan empat orang korban dua di antaranya meninggal dunia. Dua korban lainnya selamat yakni ibu dan anak sedangkan korban meninggal atas nama Aam (40). Satu korban lagi atas nama Umar (42) sempat dinyatakan hilang. Korban selamat ditemukan terjebak di rumah yang runtuh itu ibu dan anak dan dibawa ke rumah sakit.(Ruslan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here