Friday, 26 April 2024
HomeBeritaKorea Selatan Tawarkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, Shin Tae-yong...

Korea Selatan Tawarkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, Shin Tae-yong Pulang Kampung

Bogordaily.net – Federasi sepak bola Asia, AFC, saat ini masih sibuk mencarikan tuan rumah baru untuk ajang usai China mengundurkan diri. Melihat peluang itu, Korea Selatan ajukan diri dalam proses pencalonan tuan rumah

Seperti diketahui sebelumnya, tuan rumah asli , yakni China, secara resmi mengundurkan diri pada bulan April silam.

Keputusan mundur itu diambil setelah mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 di sana.

Negara asal pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yakni Korea Selatan berpeluang untuk jadi penggantinya usai menyatakan siap mengajukan diri.

Yonhap melansir, sejumlah kota besar Korea Selatan sudah menyatakan kesiapannya menggelar . Maka dari itu, Korea langsung mengirimkan proposal pencalonannya kepada AFC sejak Senin, 20 Juni 2022.

Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol, juga memberikan dukungannya terhadap KFA. Dia meminta kepada Menteri Olahraga, Hwang Hee, untuk memberikan dukungan penuh kepada KFA dalam proses pencalonan dan mengupayakan Piala Asia bisa digelar di Negeri Ginseng.

“Secara resmi, kami mengajukan diri sebagai tuan rumah kepada AFC,” begitu pernyataan resmi KFA di situsnya.

Adapun tenggat waktu pengajuan proposal tuan rumah sampai tanggal 30 Juni 2022 mendatang.

Korea Selatan merasa mampu menjadi tuan rumah dan siap memenuhi segala persyaratan yang dibutuhkan.

Negeri Gingseng punya lebih dari 40 stadion yang berhak menyelenggarakan babak grup dan perempat final dan tujuh untuk semi final.

Sementara itu untuk menggelar partai puncak ada empat arena yang bisa dipilih. Yang terbesar jelas Seoul Olympic Stadium yang dapat menampung nyaris 70 ribu orang.

Untuk saat ini negara-negara yang sudah diketahui punya minat yang sama adalah Jepang, Qatar, Uni Emirat Arab, dan juga Australia namun Korsel tidak takut bersaing dengan.

AFC sudah mengumumkan jika penerimaan proposal untk menjadi tuan rumah sudah dibuka sejak 20 Juni 2022 dan baru akan ditutup 40 hari setelahnya.

Nantinya semua tawaran yang terkumpul akan dipertimbangkan masak-masak oleh komite eksekutif AFC dan hasilnya akan diumumkan pada Oktober tahun ini.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here