Wednesday, 24 April 2024
HomeNasionalKronologi Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang, Libatkan 17 Kendaraan

Kronologi Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang, Libatkan 17 Kendaraan

Bogordaily.net beruntun kembali terjadi di KM 92 Tol arah Cikampek dan Jakarta pada Minggu 26 Juni 2022 malam. tersebut diduga dipicu oleh Bus Laju Prima yang mengalami rem blong dan menabrak kendaraan di depannya.

Akibat kejadian itu, kemacetan di sekitar tempat kejadian perkara (TKP) tak terhindarkan.

Melalui akun Twitter resminya, @PTJASAMARGA, Pihak Jasa Marga melaporkan bahwa beruntun tersebut melibatkan 17 mobil di Tol mengarah ke Jakarta.

Dinukil dari detik.com, Tol ini bermula saat Bus Laju Prima B 7602 XA dari arah Bandung menuju Jakarta menabrak beberapa kendaraan di depannya. Kepala Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Ruas Tol AKP Denny Catur mengatakan bus tersebut mengalami rem blong.

“Kendaraan bus Laju Prima diduga mengalami rem blong sehingga menabrak kendaraan di depannya,” kata Denny.

Denny menyebut saat pada saat ini, lalu lintas dalam kondisi padat. Sehingga kecelakaan Tol melibatkan banyak kendaraan.

“Kecelakaan beruntun ini melibatkan beberapa kendaraan sekaligus karena memang saat kejadian situasi lalu lintas sedang padat, mengingat hari Minggu biasanya terjadi peningkatan lalu lintas masyarakat yang dari Bandung menuju ke Jakarta,” ujar Denny.

Akibat kecelakaan itu tiga orang mengalami luka berat dan 16 lainnya luka ringan. Para korban dilarikan ke RS Abdul Radjak, Purwakarta untuk mendapat pertolongan medis.

Beruntungnya, tidak ada korban meninggal dunia dalam insiden kecelakaan beruntun pada 26 Juni malam tersebut.

Usai kecelakaan ini, lalu lintas di lokasi macet. Guna mengatasi macet, polisi melakukan rekayasa lalu lintas.

Polisi melakukan pengalihan arus pukul 21.50 hingga 23.34 WIB lalu lintas secara situasional, yaitu kendaraan yang menuju Jakarta dialihkan keluar Padalarang Timur, untuk kemudian dapat masuk kembali melalui Gerbang Tol Jatiluhur.

Selain itu, dikabarkan di Cikalong Wetan KM 101 – Plered KM 92 PADAT, ada penanganan kecelakaan di bahu luar/kiri.

Melalui akun Twitternya pihak Jasa Marga menyebutkan bahwa penanganan setelah terjadinya kecelakaan penanganan di sekitar daerah Plered arah Jakarta telah selesai pada pukul 02.09 WIB.

Polisi mengimbau pengguna jalan agar memperhatikan kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan. Utamanya, kata Denny, keberfungsian rem.

“Kami mengimbau kepada para pengemudi bus agar selalu mengecek kondisi kendaraannya, terutama keberfungsian rem, menjaga kecepatan kendaraan dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas saat melakukan perjalanan, demi keamanan dan keselamatan bersama,” tegas AKP Denny.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here