Thursday, 25 April 2024
HomeEkonomiLaba Bersih BUMN Melesat 592 Persen, Eric Thohir Happy

Laba Bersih BUMN Melesat 592 Persen, Eric Thohir Happy

Bogordaily.net – Menteri Badan Usaha Milik Negara () Erick Thohir sedang Happy. Itu kerena laba bersih perusahaan pelat merah yang dpimpinnya utung besar.

Labanya itu melonjak 592,3 persen menjadi Rp90 triliun pada 2021 dibandingkan posisi tahun sebelumnya yang cuma Rp13 triliun.

Erick mengatakan realisasi itu didorong oleh efisiensi dan perbaikan model bisnis yang dilakukan oleh dalam beberapa waktu terakhir.

Selain itu, peningkatan laba bersih juga dipengaruhi oleh kerja sama dengan sejumlah mitra.

“Alhamdulillah kinerja pada 2021 jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berhasil merealisasikan sebagian dari tahapan roadmap transformasi ,” ungkap Erick dalam keterangan resminya.

Erick mengakui kerja sama dengan mitra memberikan dampak positif untuk kinerja . Namun, ia mengatakan tak semua mitra menaati kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya.

Untuk itu, Erick akan membuat daftar hitam (blacklist) mitra yang tidak menaati aturan atau nakal.

“Kerja sama dan mitra menjadi kunci, oleh karena itu, saya akan nantinya membuat blacklist mitra-mitra yang nakalan, karena saya tidak mau lagi jadi ajang koruptif, tentu capek benerinnya,” ucap Erick.

Erick mengatakan mitra BUMN harus memiliki kontribusi positif dalam setiap kerja sama dengan BUMN. Ia pun siap memberikan apresiasi kepada mitra yang mampu mendorong kinerja BUMN.

“Sebelum menghukum, kami harus beri reward. Makanya kami apresiasi mitra-mitra dengan kategori sangat bagus, tetapi kami juga mapping mitra-mitra yang ada kasus supaya BUMN ikut baik,” ucap Erick.

Sementara, ia telah menetapkan tiga poin dalam Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022. Pertama, memperbaiki hubungan kerja yang win-win antara BUMN dan swasta demi mendorong BUMN menjadi perusahaan global.

Kedua, tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang digunakan oleh mitra BUMN. Ketiga, mitra yang transparan dan profesional.

“Kami tidak mau ketika bermain di global, kami konsolidasi TKDN, tapi ternyata punya mitra yang kurang baik,” tutup Erick. ***

Sumber: cnnindonesia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here