Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaManfaat Minum Kopi, Turunkan Risiko Kanker dan Penyakit Jantung dan Mati Muda

Manfaat Minum Kopi, Turunkan Risiko Kanker dan Penyakit Jantung dan Mati Muda

Bogordaily.net – Manfaat Minum , Turunkan Risiko Kanker dan Penyakit Jantung dan Mati Muda. Itu merujuk sebuah penelitian yang menemukan orang yang suka minum justru berpotensi hidup lebih lama. Hal itu bahkan ketika mereka menambahkan gula dalam kopinya.

Para ilmuwan melacak 171.000 orang Inggris yang suka minum . Mereka menemukan bisa menurunkan risiko mati muda.

Bahkan, mereka bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari minum jika mereka menambahkan gula dalam minumannya.

Dr. Dan Liu, dari Southern Medical University di China, mengatakan studi ini menemukan bahwa orang dewasa yang minum dalam jumlah sedang dan menambahkan gula setiap harinya, sekitar 30 persen lebih kecil risikonya meninggal dunia karena penyebab apapun.

Penikmat juga berisiko kecil menderita kanker atau penyakit jantung dalam penelitian tersebut.

Studi ini melacak orang paruh baya di Inggris antara 2009 dan 2018 untuk melihat seberapa besar kemungkinan mereka meninggal dalam periode tujuh tahun.

Setiap jumlah hitam tanpa pemanis menurunkan risiko ini antara 16 hingga 21 persen untuk kondisi medis tersebut.

Sedangkan dilansir dari The Sun, 1,5 sampai 3,5 cangkir per hari dengan satu sendok teh gula masing-masing memangkas risiko kondisi medis tersebut sebesar 29 hingga 31 persen.

dinilai baik untuk kesehatan karena bijinya dikemas dengan antioksidan yang membantu tubuh melawan sel dan bahan kimia berbahaya.

Studi sebelumnya juga menemukan peminum kopi mungkin memiliki tingkat yang lebih rendah dari diabetes tipe 2, Parkinson, Alzheimer dan penyakit hati.

Dr Liu mengatakan penelitian yang terungkap dalam jurnal Annals of Internal Medicine adalah penelitian pertama yang membuktikan bahwa kopi manis pun bisa menyehatkan.

Tapi, penelitian itu mengingatkan tambahan susu dan gula dalam kopi atau minum kopi lebih dari 4,5 cangkir setiap hari tidak akan memberikan manfaat serupa.

“Kopi dipercaya berkontribusi pada efek antioksidan tubuh melalui kafein dan asam klorogenat,” kata Dr Christina Wee, wakil editor jurnal tersebut.

Pada orang yang suka kopi tanpa peanis, minum sekitar 3 cangkir per hari memiliki risiko yang lebih rendah. Pada orang yang suka kopi manis, minum sekitar 2 cangkir sehari memiliki risiko yang lebih rendah.

“Ini menunjukkan bahwa asupan kopi moderat mungkin bermanfaat untuk kesehatan, tapi penelitian ini tidak mempertimbangkan kebiasaan lain ketika minum kopi, seperti mencelupkan biskuit atau samping makan sepotong kue,” kata Dr Duane Mellor, ahli diet di Aston University.

Bukti ilmiah menyimpulkan bahwa konsumsi kopi moderat 4-5 cangkir per hari dapat berkontribusi pada diet yang sehat dan seimbang, bahkan memberikan manfaat kesehatan. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here