Tuesday, 16 April 2024
HomeBeritaResmi Dilegalkan, Masyarakat Thailand Ramai-ramai Tanam Ganja

Resmi Dilegalkan, Masyarakat Thailand Ramai-ramai Tanam Ganja

Bogordaily.net – Masyarakat Thailand Ramai-ramai Tanam setelah Pemerintah Thailand resmi menerapkan Undang-Undang Legalisasi untuk kepentingan medis dan kosmetik mulai Kamis 9 Juni 2022 hari ini.

Dengan berlakunya undang-undang ini, aktivitas produksi, impor, ekspor, distribusi, konsumsi, hingga kepemilikan di Thailand kini diperbolehkan secara resmi.

Kebijakan itu pun menjadi salah satu komoditas bau bagi para petani di negeri ini untuk tanam dalam jumlah yang besar bakal akan menjadi lahan bisnis baru.

Wakil Komisaris Polisi dan Direktur Biro Pemberantasan Narkotika (NSB) Thailand, Jenderal Roy Ingkapairote mengatakan, lebih dari 4.200 tahanan terkait akan dibebaskan.

“Kasus yang menunggu penyelidikan juga akan dibatalkan sementara surat perintah penangkapan yang dikeluarkan untuk penggunaan akan dicabut,” kata Ingkapairote dikutip Suara.com dari Bangkokpost, Kamis 9 Juni 2022.

Aturan baru ini juga membuat Thailand menjadi negara pertama di Asia yang melegalkan untuk kepentingan medis dan kosmetik, sekaligus budidaya di rumah.

Kementerian Kesehatan Thailand menegaskan, tujuan dari undang-undang legalisasi ini adalah untuk meringankan kondisi kesehatan tertentu di tingkat rumah tangga.

Namun, warga yang ingin menanam ganja wajib melalui sejumlah persyaratan, antara lain, dengan mengajukan izin melalui aplikasi Pluk Kan terlebih dahulu agar bisa dipantau penggunaannya.

“Kami akan memiliki tim psikiater di setiap provinsi untuk menawarkan bantuan. Kami juga akan membentuk tim lain untuk menyelidiki kasus kecelakaan di jalan yang dapat dikaitkan dengan penggunaan ganja,” kata Sekretaris Kemenkes Thailand, Kiattiphum Wongrajit.

Kadar senyawa psikoaktif dalam ganja, tetrahydrocannabinol (THC) juga tidak bolehlebih dari 0,2 persen.

Penjualan ganja juga dilarang untuk wanita hamil dan warga di bawah usia 20 tahun. Sementara, izin impor ganja tetap wajib melalui pihak berwenang.***

sumber: suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here