Hemat Saat Berlibur? Ini Tips Tiket Pesawat dengan Harga Terjangkau

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Antam Turun Hari Ini, Cek Harganya! Kecelakaan, Dua Pengendara Motor Terjatuh dari Flyover Pademangan Cara Beli Tiket Kereta Promo KAI 17 Agustus 2022 Cek Lokasi Sim Keliling, Senin 8 Agustus 2022 Ramalan Cuaca Kota Bogor Hari Ini, Senin 8 Agustus 2022

Wisata · 27 Jun 2022 05:47 WIB

Mau Hemat Saat Berlibur? Ini Tips Dapat Tiket Pesawat dengan Harga Terjangkau


 Ilustrasi pesawat. (Unsplash.com/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi pesawat. (Unsplash.com/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Harga tiket pesawat belakangan lebih mahal daripada sebelumnya. Bukan hanya tiket domestik, tapi ini juga terjadi untuk rute internasional. Kondisi ini tentu saja dikeluhkan. Adakah cara untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga terjangkau agar bisa hemat terutama di musim liburan seperti sekarang ini?

VP Commercial and Marketing Pegipegi, Ryan Kartawidjaja, mengatakan pihaknya melihat kenaikan pada harga tiket jika dibandingkan dengan tahun 2019 ataupun awal tahun 2022.  Misalnya, pada Mei dan Juni, ada kenaikan nilai tiket pesawat rata-rata sekitar 1,5 kali di beberapa maskapai. Tren kenaikan ini sudah dimulai semenjak bulan April 2022 dan terlihat berkorelasi dengan naiknya demand perjalanan, dan juga faktor-faktor lain yang berpengaruh sehingga masih sulit untuk memprediksi penurunan tiket pesawat saat ini. Dikutip Suara.com dari siaran tertulis PegiPegi berikut tips mendapat tiket pesawat dengan harga terjangkau agar lebih hemat dalam liburan:

Pesan di hari Senin dan Minggu

Tiket pesawat juga bisa diperoleh dengan harga murah jika dipesan sekitar hari Senin dan Minggu. Waktu tersebut adalah momen terbaik untuk memesan tiket perjalanan Anda dengan potensi biaya yang dapat dihemat sebesar 2-4 persen.

Pilih keberangkatan hari Jumat

Momen keberangkatan juga berpengaruh pada harga tiket pesawat. Hari Jumat merupakan waktu yang pas untuk mendapatkan tiket yang lebih murah. Selain itu, Jumat juga menjadi waktu yang tepat melakukan wisata, dikarenakan masyarakat cenderung mengambil cuti sehari untuk menikmati long weekend.

Pesan tiket sekitar satu bulan sebelum keberangkatan

Memesan tiket pesawat sekitar satu bulan sebelum rencana keberangkatan merupakan salah satu alternatif lainnya untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang terjangkau. Periode 27-39 hari merupakan momen terbaik untuk memesan tiket pesawat karena bisa menghemat biaya hingga 13 persen.

Gunakan maskapai LCC

Biasanya maskapai Low Cost Carrier (LCC) memiliki banyak promo dan menghadirkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan maskapai full service.

Manfaatkan aplikasi pemesanan

Masyarakat juga bisa memanfaatkan aplikasi pemesanan tiket transportasi dan akomodasi tertentu untuk memperoleh tiket pesawat yang terjangkau. Menurut Ryan, biasanya ada banyak program promo yang dihadirkan untuk para pengguna aplikasi yang biasanya tidak bisa didapatkan di jenis platform pemesanan lain, seperti desktop atau mobile web

Misalnya, program flash sale dengan kuota dan waktu tertentu untuk memesan tiket pesawat, seperti pada siang hari sekitar pukul 12.00 atau malam hari sekitar pukul 22.00 ke atas.

Selain itu, membeli melalui OTA juga mempermudah untuk menyesuaikan akomodasi dan transportasi sesuai kebutuhan. Pelanggan dapat menentukan maskapai dan jadwal keberangkatan, pilihan akomodasi, serta lokasi dengan mudah.

Pengguna aplikasi OTA juga biasanya akan mendapatkan keuntungan tertentu, seperti kupon atau poin yang bisa dikoleksi dan ditukarkan dengan potongan harga atau keuntungan lainnya, termasuk saat memesan tiket pesawat.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Tips Wisata ke Tempat Baru, Salah Satunya Jangan Sembarangan Memotret!

8 Agustus 2022 - 09:34 WIB

Menginap di Dedary Resort, Penginapan di Ubud Pemenang Travelers Choice Award 2022

7 Agustus 2022 - 21:59 WIB

Bukan Hanya Dieng Tempat Wisata di Wonosobo, Ada Green Canyon Hingga Candi

7 Agustus 2022 - 20:42 WIB

Wisata Sejarah di Bandung, Cocok Dikunjungi saat Peringatan HUT RI

7 Agustus 2022 - 09:31 WIB

Taman Nasional Gunung Halimun Salak Adakan Pemilihan Duta Tanahalisa 2022

6 Agustus 2022 - 13:30 WIB

Melongok Peninggalan Sejarah Para Pahlawan di Museum Perjuangan Bogor

5 Agustus 2022 - 13:00 WIB

Trending di Wisata