Friday, 17 May 2024
HomePolitikMembaca Silaturahmi Politik Prabowo Subanto dan Surya Paloh

Membaca Silaturahmi Politik Prabowo Subanto dan Surya Paloh

Bogordaily.net – Ketua Umum Prabowo Subianto dengan Ketua Umum Surya Paloh bertemu tentu bukan sekedar silaturahmi atau melepas rindu sebagai sesama alumni Partai Golkar.

Apalagi digagas saat dinamika politik menjelang pillpres 2024 sedang hangat-hangatnya. Pertemuan itu pun ditafsirkan beragam.

Salah satunya bakal membangun poros politik dalam menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Pengamat Politik dari IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam.

“Saya kira, silaturahmi Prabowo Subianto ke NasDem untuk membangun poros politik dalam . Silaturahmi ini setidaknya untuk saling memahami visi dan power sharing kekuasaan jika mereka gabung dalam satu poros politik,” kata Arif di Jakarta, Rabu 1 Juni 2022.

Ia mengemukakan, hal yang melandasi pertemuan tersebut bisa jadi karena kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan cukup bersinar hingga membuat Surya Paloh tertarik.

“Kinerja Menhan Prabowo relatif bagus, sehingga boleh jadi menjadi daya tarik NasDem untuk berkoalisi; selain memang elektabilitas Prabowo juga tinggi,” katanya.

Arif mengemukakan, cocok atau tidaknya poros koalisi yang dibentuk dan bergantung pada tiga indikator.

“Saya kira cocok atau tidak bergantung visi, probabilitas kemenangan, dan power sharing. Dilihat dari tiga indikator ini, mereka bisa kerja sama membangun poros politik,” tukasnya.

Jika dan mengusung Prabowo, maka potensi kemenangan masih terbuka bagi poros koalisi tersebut.

Berbicara prediksi masuk dalam poros koalisi dengan , ia menilai potensi tersebut sama seperti wacana koalisi dengan PDIP yang selama ini diperbincangkan.

“Jika Gerindra dan PDI Perjuangan berkoalisi, maka dalam politik tentu masih sangat mungkin meski saat ini disinyalir ada perang dingin antara NasDem dan PDI Perjuangan. Mereka tentu akan melakukan power sharing,” jelasnya. (Antara)

Sumber: Suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here