Friday, 26 April 2024
HomeBeritaMenabur Optimisme di Bumi Tegar Beriman

Menabur Optimisme di Bumi Tegar Beriman

Bogordaily.net – Ada sebuah adagium mengatakan “Semakin besar pohon, maka semakin besar pula angin yang menerpanya”. Begitu pula masyarakat yang saat ini, kehilangan sosok . Ade Yasin terlibah kasus korupsi, pun demikian masyarakat harus tetap menabur optimisme di Bumi Tegar Beriman.

Tentu kita harus sama-sama mendoakan dan mengedepankan asas praduga tak bersalah, biar proses hukum berjalan sesuai dengan mekanismenya.

Terlepas dari hal itu Pemerintahan selaku pelayan bagi masyarakat mesti tetap berjalan sebagaimana mestinya. Sebab segala keperluan dan kebutuhan masyarakat selaku tuan yang sesungguhnya mesti tetap terpenuhi dan terlayani dengan baik. Oleh karena itu, setiap implementasi pelayanan, baik yang berbentuk program atau layanan publik secara administratif haruslah tetap berjalan.

Hal ini juga perlu ditopang oleh Pemerintahan agar mampu move on untuk bisa mengembalikan kepercayaan dirinya kepada masyarakat dan fokus terhadap pembangunan serta pelayanan .

Maka dari itu, melalui tulisan ini, saya ingin menyampaikan beberapa hal kepada masyarakat dan Pemerintah agar stabilitas menuju kemajuan dapat terus diraih oleh . Serta harus terus menabur optimisme di Bumi Tegar Beriman ini.

Pertama, saya mengajak masyarakat untuk terus berpartisipasi aktif dalam mengawal dan mendukung setiap kebijakan yang diambil oleh pemerintah Kabupaten Bogor, baik berbentuk aturan ataupun dalam bentuk program. Agar cita-cita Good Governance bisa diwujudkan di bumi tegar beriman.

Kedua, saya juga ingin mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Bogor untuk terus mempertahankan kemajuan yang selama ini telah terbangun pada era Ade Yasin-Iwan Setiawan, baik itu yang berbentuk fasilitas infrastruktur ataupun fasilitas publik lainnya.

Ketiga, Pemerintah Kabupaten Bogor harus bisa menjadi virus optimisme kepada masyarakat dengan visi pancakarsanya. Karena, John Ruskin pernah mengungkapkan bahwa “Penghargaan paling tinggi bagi seorang pekerja keras bukanlah apa yang dia peroleh dari pekerjaan itu, melainkan seberapa berkembang ia dengan kerja kerasnya itu”. Itulah yang harus dibuktikan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor saat ini.

Saya percaya bahwa Iwan Setiawan selaku wakil Bogor yang kini menjabat sebagai PLT Bogor mampu memimpin masyarakat Kabupaten Bogor di sisa periodisasinya.

Mengingat bahwa ada janji-janji politik melalui program-program pemerintah yang harus ditunaikan. Dan saya pun meyakini bahwa yang terbaik bukanlah dia yang datang dengan segala kelebihannya, melainkan dia yang tidak pergi dengan segala kekurangannya.

Memang cukup berat, tapi itulah jalan yang harus dihadapi agar semua janji politiknya dapat ditunaikan.

Terakhir, ada ungkapan yang menarik bagi saya dari musisi legenda internasional yaitu John Lenon yang mungkin sesuai dengan kondisi saat ini. Kurang lebih begini ungkapan dari beliau “Ketika kamu melakukan sesuatu yang mulia dan indah tapi tidak ada yang memperhatikanmu, jangan bersedih. Karena matahari tetap tampil cantik setiap pagi meski sebagian penontonnya masih tertidur”.

Harapan untuk bumi tegar beriman yang termaju, nyaman dan berkeadaban tidak boleh dipadamkan. Karena visi Kabupaten Bogor merupakan bagian dari visi dalam mewujudkan masyarakat madani (Civil Society).

(Herdiansyah Iskandar, Mantan Ketua Umum HMI Cabang Kota Bogor Periode 2020-2022) dan Co-Founder Civil Society Institute).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here