Friday, 29 March 2024
HomeBeritaMengenal Buah Ciplukan yang Kaya Manfaat!

Mengenal Buah Ciplukan yang Kaya Manfaat!

Bogordaily.net – Unik, memakan ciplukan harus membuka lapisan luarnya terlebih dahulu dan saat dikunyah atau digigit, tekstur ini sedikit mirip dengan tomat.

Jika belum matang, warna ini berwarna hijau. Namun saat sudah matang, ini berwarna jingga kekuningan dengan rasa manis sedikit kecut seperti mangga. Dengan bentuknya yang lucu, ciplukan juga dipercaya memiliki beberapa khasiat bagi kesehatan.

Dikutip dari Alo Dokter, ciplukan memiliki kandungan karbohidrat, serat, protein, dan lemak. ini juga punya vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, riboflavin, zat besi, dan fosfor. Bahkan, sejumlah kandungan antioksidan ada di dalamnya, seperti polifenol dan beta karoten.

Berikut sederet manfaat yang terkandung dalam ciplukan :

1. Bantu Tingkatkan Kekuatan Imun Tubuh

Makan ciplukan yang matang dipercaya bisa bantu tingkatkan daya tahan tubuh. Manfaat ini muncul karena peran polifenol dan vitamin C yang cukup tinggi di dalamnya. Sehingga mengonsumsinya bisa melawan infeksi kuman sehingga terhindar dari penyakit infeksi.

2. Memperkuat Tulang

Buah ini juga bisa mendukung kesehatan tulang. Kandungan vitamin K dalam buah ini punya peranan penting dalam kepadatan tulang, sehingga tulang pun lebih kuat dan terhindar dari risiko patah tulang.

3. Bisa Menyehatkan Mata

Adapun selain kandungan vitamin K, dikutip dari Alodokter, buah ciplukan juga mengandung vitamin A yang bisa menjaga kesehatan mata.

Selain vitamin A, buah ciplukan juga memiliki lutein dan karotenoid. Memakan buah ciplukan bisa mendorong senyawa aktif ini diduga mampu menurunkan risiko degenerasi makula yang mengakibatkan kebutaan.

4. Membantu Penderita Anemia

Anemia yang paling umum terjadi adalah anemia defisiensi zat besi. Situasi ini muncul ketika kadar zat besi dalam tubuh berkurang, sehingga menurunkan fungsi serta jumlah sel darah merah. Zat besi yang ada dalam buah ciplukan dapat dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya anemia ini.

5. Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker

Buah unik ini bisa mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker serta mempunyai antioksidan yang tinggi, sehingga dianggap bisa menangkal bahaya radikal bebas yang menjadi pemicu terbentuknya sel kanker dalam tubuh.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here