Thursday, 2 May 2024
HomeKabupaten BogorMensos Bagikan Bantuan ke Lokasi Longsor Pamijahan Bogor

Mensos Bagikan Bantuan ke Lokasi Longsor Pamijahan Bogor

Bogordaily.net – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mendatangi lokasi bencana longsor di Kampung Muara, Desa Cibunian Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jumat 24 Juni 2022.

Di itu Risma Selain memberikan bantuan berupa Ministeruang tunai, ada sandang pangan dan sembako. Bahkan pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Badan Geologi dibawah kementrian ESDM dan BMKG.

“Kami akan evaluasi seluruh, dan akan komunikasi dengan badan geologi dibawah kementrian ESDM, dan BMKG supaya dapat melihat kondisinya seperti apa di kawasan ini,” kata Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini usai meninjau lokasi longsor di Kampung Muara Baru.

Selain itu, dia menjelaskan pihaknya akan melakukan mitigasi terlebih dahulu. Karena tidak bisa memutuskan secara cepat. Karena, rumah yang terjadi kali ini adalah relokasi juga.

“Karena itu harus dievaluasi secara menyeluruh sebelum mengambil keputusan, sebaiknya memang harus ada kajian-kajian soal itu,” kata Risma.

Risma mengatakan rencana relokasi bagi warga yang terdampak bisa saja terjadi, akan tetap harus dilihat kondisi lokasinya bahwa itu aman betul.

“Kalau dari kami membantu selama masih ada pengungsian itu masih ada, kita akan bantu terus. Cuma kan tidak bisa selamanya seperti ini. Karena itu tadi, langkah yang berikutnya,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menuturkan memang wilayah di Kabupaten Bogor rawan longsor, makanya akan disampaikan, sekaligus dievaluasi secara menyeluruh kawasan-kawasan ini.

“Untuk pengungsi nanti kan ada pendataan dulu. Sekarang pertolongan pertama dulu dan menyiapkan supaya mereka nanti juga ada pendampingan pengembalian psikologisnya,” jelasnya.

Setelah itu baru akan melakukan pendataan. Karena, saat ini masih ada pencarian korban oleh SAR dan tim lainnya.

“Jadi tidak bisa semua serta-merta, karena kondisinya beda. Kondisinya tidak normal gitu jadi memang harus bertahap,” katanya.

Ruslan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here