Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaMenuju Wilayah Konflik Perang, Ini Potret Jokowi Naik Kereta dari Polandia ke...

Menuju Wilayah Konflik Perang, Ini Potret Jokowi Naik Kereta dari Polandia ke Ukraina

Bogordaily.net– Presiden Joko Widodo ()  bersama rombongan saat ini dalam perjalanan dari Polandia menuju Ibu Kota tersebut menggunakan kereta khusus.

“Dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, pukul sembilan malam, saya dan rombongan terbatas berkereta menuju Kyiv, ,” tulis melalui kicauan di Twitter.

“Kami memulai misi perdamaian ini dengan niat baik. Semoga dimudahkan,” imbuhnya.

Dilansir CNN Indonesia, beserta rombongan menempuh perjalanan kereta selama 12 jam dari Polandia menuju Ibu Kota Kyiv. Mereka diperkirakan sampai di Kyiv pada Rabu pagi waktu setempat.

Salah satu tujuan bertemu Zelensky adalah untuk mendorong perdamaian di tengah perang yang terus berkecamuk antara dan Rusia.

“Kunjungan presiden ini menunjukkan kepedulian terhadap isu kemanusiaan, mencoba memberikan kontribusi untuk menangani krisis pangan yang diakibatkan karena perang dan dampaknya dirasakan oleh semua negara, terutama negara berkembang dan berpendapatan rendah, dan terus mendorong spirit perdamaian,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam jumpa pers virtual pekan lalu.

Retno menyoroti fakta Jokowi akan menjadi pemimpin negara Asia pertama yang melawat dan Rusia di tengah perang ini.

AS bahkan mengancam tak akan menghadiri rangkaian pertemuan G20 jika ada Rusia. Dalam sejumlah rapat di AS, beberapa negara Barat juga sudah menunjukkan protes dengan walk out.

Presiden AS, Joe Biden, bahkan mendesak Indonesia untuk mengajak ke KTT G20 jika memang tetap ingin mengundang Rusia.

Di sisi lain, Jokowi juga sempat berkomunikasi langsung dengan Zelensky. Dalam perbincangan itu, Jokowi juga mengundang Zelensky untuk hadir ke KTT G20.

Setelah ke , Jokowi rencananya akan menuju Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin di Moskow dengan agenda yang sama yakni mendorong dialog damai.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here