Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalMINI Resmi Luncurkan Mobil Listrik Pertama di Indonesia

MINI Resmi Luncurkan Mobil Listrik Pertama di Indonesia

Bogordaily.net – Keseriusan untuk memulai era elektrifikasi kendaraan bermotor mendapat sambutan baik dari berbagai produsen otomotif. Salah satunya adalah Mini yang rencananya akan segera meluncurkan pertama untuk pasar Tanah Air yakni Mini Electric.

Kehadiran di tampaknya mendapat respon positif. Indikasinya, makin banyaknya orang yang tertarik bahkan sudah membeli ini.

Peluang yang besar ini menjadikan banyak mobil listrik baru yang hadir di . Terbaru, MINI meluncurkan mobil listrik Mini Electric.

Mengutip dari Solopos.com, merek ikonik di bawah BMW Group ini merupakan mobil listrik premium kompak pertama di . Mini Electric dibanderol dengan harga mulai Rp 945 juta.

“MINI Electric merupakan kendaraan premium full listrik pertama di segmennya,” kata President Director BMW Group Ramesh Divyanathan pada peluncuran di Jakarta, dikutip dari solopos, Jumat, 10 Juni 2022.

Menurut Head of MINI Asia Kidd Yam, MINI Electric yang diambil dari basis MINI 3 Doors ini adalah MINI ikonik yang tetap mempertahankan semua nilai historis MINI, yang ditambah dengan sentuhan masa depan.

MINI Electric memadukan sensasi go-kart legendaris, desain khas, dan kualitas premium dengan pengalaman mengemudi bebas emisi.

“Motor listrik 135 kW/184 hp yang dipasang bagian bawah, memberikan pusat gravitasi ekstra rendah, yang tidak hanya meningkatkan stabilitas dan pengendalian – tetapi membuat setiap tikungan lebih menyenangkan dari sebelumnya. Ini adalah MINI yang paling intens – dan paling berevolusi,” ungkapnya.

Banyak fitur baru dan pengalaman istimewa yang menurut Kidd Yam, hanya bisa didapatkan dari kendaraan full listrik, seperti penyaluran tenaga yang spontan, torsi yang kuat, serta akselerasi responsif.

Baterai dari MINI Electric merupakan baterai tegangan tinggi dengan konfigurasi model khusus yang memberikan energi sebesar 28,9 kWh dalam kapasitas bersih.

Dengan penggunaan motor listrik yang jauh lebih kecil dan ringan dibandingkan mesin pembakaran konvensional, terdapat distribusi beban yang luar biasa dari MINI Electric.

Volume bagasi MINI Electric adalah 211 liter yang dapat ditingkatkan menjadi 731 liter ketika sandaran belakang dilipat ke bawah.

Satu-satunya perbedaan adalah pada ketinggian kendaraan. Hal tersebut untuk memastikan ground clearance yang relevan untuk baterai tegangan tinggi yang dipasang di dasar kendaraan. Bodi MINI Electric diposisikan sekitar 18 mm lebih tinggi daripada model bertenaga konvensional.

Daya elektronik dilindungi oleh penyangga bumper yang diperkuat dan rangka penyangga motor. Sedangkan baterai tegangan tinggi dilindungi oleh pelat dasar yang kokoh.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here