Friday, 26 April 2024
HomeBeritaMitch Evans Juara, Berikut Hasil Pertandingan Formula E Jakarta 2022

Mitch Evans Juara, Berikut Hasil Pertandingan Formula E Jakarta 2022

Bogordaily.net Jakarta 2022 atau Jakarta E-Prix 2022 akhirnya usai. Pebalap Jaguar TCS Racing, menjadi juara dalam balapan mobil listrik di Jakarta E-Prix International Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu, 4 Juni 2022 itu. menang setelah bertarung sengit dengan driver DS Techeetah Jean-Eric Vergne dan Edoardo Mortara (Rokit Venturi Racing).

Momen kunci kemenangan Evans terjadi pada menit ke-39 balapan. Evans kala itu berhasil menyalip Jean-Eric Vergne (DS Techeetah) di Tikungan 7 JIEC untuk mengambil alih pimpinan balapan.

Sejak saat itu, sebagaimana dilansir dari Suara.com, ia tidak lagi terkejar hingga garis finis oleh pebalap-pebalap lainnya. Hal ini membuat menjadi pemenang pertama di sirkuit JIEC.

Vergne yang merupakan peraih pole position di Jakarta E-Prix 2022 harus puas finis kedua meski sempat memimpin balapan sekitar 35 menit. Hasil ini membuat kutukannya berlanjut sebab dari sembilan balapan, dia tak pernah menang. Vergne sempat merebut pole position di seri kelima di Roma, Italia, sebelum akhirnya cuma finis di posisi kedua.

Kemenangan ini membuat sukses menambah 26 poin dari Jakarta E-Prix. Dia diganjar 25 poin hasil dari finis terdepan dan satu poin tambahan karena merebut lap tercepat.

Pebalap asal Selandia Baru dari tim Jaguar Racing (tengah) merayakan kemenangannya di podium pada seri Roma E-Prix dalam kejuaraan mobil listrik Formula E 2018-2019 di distrik EUR Roma pada 13 April 2019 lalu. (Andreas Solaro/ AFP/Suara.com/Bogordaily.net

Hasil pertandingan tersebut membuat menipiskan jarak poin dari tiga pebalap di atas yakni Stoffel Vandoorne (Mercedes-EQ), Jean-Eric Vergne (DS Techeetah) dan Eduardo Mortara (Rokit Venturi Racing) yang berturut-turut menguni posisi tiga besar klasemen.

Seperti diketahui pertama kalinya Indonesia khususnya Jakarta menjadi tuan rumah ajang balap mobil listrik tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan menyaksikan Jakarta E-Prix 2022 yang merupakan salah satu rangkaian Formula E 2021-22.

Jokowi mengatakan menyebut kejuaraan balap mobil listrik Formula E akan menjadi ajang olah raga masa depan karena menggunakan kendaraan berbasis energi listrik. Menurutnya, penggunaan kendaraan listrik sejalan dengan arah industri Indonesia yang sedang merintis produksi mobil listrik dan berbagai komponennya.

“Saya kira ini event masa depan karena kita tahu nanti ada pergeseran dari mobil yang sekarang ke banyak nanti pemakai mobil listrik sehingga ini jadi tontonan yang ke depan akan semakin digemari,” kata Presiden.***

Hasil Formula E Jakarta 2022:

  1. Jean-Eric Vergne
  2. Edoardo Mortara
  3. Antonio Felix Da Costa
  4. Stoffel Vandoorne
  5. Jake Dennis
  6. Pascal Wehrlein
  7. Lucas Di Grassi
  8. Andre Lotterer
  9. Sam Bird
  10. Sebastian Buemi
  11. Oliver Askew
  12. Oliver Turvey
  13. Maximilian Gunther
  14. Alexander Sims

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here