Sunday, 28 April 2024
HomeBeritaNASA Temukan Planet Mirip Neraka, Seperti Apa Wujudnya?

NASA Temukan Planet Mirip Neraka, Seperti Apa Wujudnya?

Bogordaily.net – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) temukan sebuah dengan kondisi permukaan layaknya seperti neraka.

yang mengorbit begitu dekat dengan bintang yang mirip Matahari tersebut, dinamakan 55 Cancri e dan berjarak 50 tahun cahaya.

Karena dekat dengan bintang yang mirip Matahari, permukaannya pun sangat panas layaknya penggambaran ‘neraka' — sebuah dimensi dalam keadaan terbakar yang konstan.

Sebelumnya, NASA telah melakukan pengamatan dengan Teleskop Spitzer.

Namun, pandangan awal dari teleskop ini kurang optimal lantaran tidak menunjukkan fenomena yang terjadi di 55 Cancri e.

Oleh karena itu, NASA sedang bersiap untuk mempelajari kondisi yang serupa dengan neraka itu menggunakan Teleskop James Webb, beberapa pekan mendatang.

Berdasarkan pantauan NASA, 55 Cancri e berjarak kurang dari 1,5 juta mil dari bintangnya. Jarak ini setara dengan 1/25 jarak Merkurius dari Matahari.

“Dengan suhu permukaan jauh di atas titik leleh, sisi siang hari ini diperkirakan tertutup lautan lava,” kata NASA.

Para ilmuwan menyebut, tidak ada di Tata Surya yang sejauh ini diketahui memiliki karakteristik seperti 55 Cancri e, di mana karena terlalu dekat dengan bintangnya lautan bisa mendidih, bahkan batu dapat mencair.

NASA menggambarkan seberapa dekat neraka tersebut dengan bintang yang diorbitnya. Dapat dibayangkan seberapa panas planet mirip neraka yang ditemukan NASA tersebut, misal jika planet itu diibaratkan sebagai Bumi yang begitu dekat dengan Matahari, jaraknya mungkin bisa membakar sisi lain dari Bumi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here