Negara Eropa Paksa NATO Perketat Keamanan di Wilayah Timur

Menu

Mode Gelap
Sekolah SMPN 16 Kota Bogor Digondol Maling, Kerugian Capai Rp 15 juta Siap-siap, Uji Coba Kelas BPJS Kesehatan Dihapus Besok Diisukan Hamil Anak Jay Park, Ini Tanggapan Jessi SuaraPemerintah.ID dan TRAS N CO Indonesia Berikan Penghargaan Istimewa untuk BPR Korea Utara Beberkan AS-Korsel-Jepang Mulai Membentuk “NATO Versi Asia”

Internasional ยท 11 Jun 2022 10:48 WIB

Negara Eropa Paksa NATO Perketat Keamanan di Wilayah Timur


 Presiden Rumania Klaus Iohannis.(Tribun Manado/Bogordaily.net) Perbesar

Presiden Rumania Klaus Iohannis.(Tribun Manado/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – NATO diminta oleh sembilan negara Eropa Tengah dan Timur agar memperkuat sayap timurnya menyusul kekhawatiran invasi Rusia ke Ukraina semakin meluas.

Pertemuan para pemimpin dari Bulgaria, Republik Ceko, Estonia, Hongaria, Latvia, Lithuania, Polandia, Rumania, dan Slovakia, diketuai oleh Presiden Polandia Andrzej Duda.

Pertemuan itu berlangsung di Bukares, Rumania, kurang dari tiga minggu menjelang pertemuan puncak NATO yang akan berlangsung akhir bulan ini di Madrid.

Para pemimpin mendesak NATO untuk meningkatkan perlindungan bagi mereka sehubungan dengan perang berkepanjangan Rusia melawan Ukraina.

“Mengingat meningkatnya risiko keamanan di Rumania dan Laut Hitam, kita perlu memastikan bahwa NATO mampu dan siap untuk merespons secara efektif terhadap ancaman yang dihadapinya, terutama di sisi timurnya secara terpadu dan seimbang, dan ini menjadi agenda yang sangat penting,” kata Presiden Rumania Klaus Iohannis pada pembukaan pertemuan, dikutip dari RMOL, Sabtu 11 Juni 2022.

Kekhawatiran itu bisa dipahamim mengingat tiga anggota NATO, yaitu Bulgaria, Rumania, dan Turki, berbatasan dengan Laut Hitam, yang telah berubah menjadi medan pertempuran utama dalam perang di Ukraina.

Duda mengatakan bahwa mereka berharap bisa mengandalkan peningkatan kehadiran AS di wilayah mereka dan menginginkan peningkatan pasukan di wilayah timur.

Setelah invasi Rusia ke Ukraina, NATO memperkuat kehadirannya di Sisi Timur dengan menambahkan empat kelompok pertempuran multinasional ke Bulgaria, Hongaria, Rumania, dan Slovakia.

Ini menjadikan jumlah total kelompok pertempuran menjadi delapan, yang membentang dari Laut Hitam di selatan hingga Laut Baltik di utara.***

Artikel ini telah dibaca 17.300 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Paus Fransiskus Tuding Rusia Lakukan Agresi dan Imperialisme di Ukraina

1 Juli 2022 - 20:01 WIB

Sering Dihina London, Moskow Panggil Duta Besar Inggris

1 Juli 2022 - 18:03 WIB

Moskow

Jokowi ke Abu Dhabi Ditemani Prabowo Usai Bertemu Putin

1 Juli 2022 - 12:16 WIB

Bertemu Presiden Rusia, Jokowi Siap Jadi Jembatan Komunikasi Putin-Zelensky

1 Juli 2022 - 08:41 WIB

Pendukung yang Hina Nabi Muhammad Tewas Dipenggal, India ‘Lockdown’

1 Juli 2022 - 05:39 WIB

Misteri Penyebab Kematian Massal 21 Remaja di London

30 Juni 2022 - 21:57 WIB

kematian massal 21 remaja
Trending di Internasional