Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaNgeri, Pembantaian di Kongo Tewaskan 20 Orang

Ngeri, Pembantaian di Kongo Tewaskan 20 Orang

Bogordaily.net– Tragedi terjadi di Provinsi Ituri, timur, Senin, 6 Juni 2022. Sedikitnya 20 orang dilaporkan tewas.

Informasi tersebut disampaikan pejabat setempat sembari menyebut milisi ADF, sebuah kelompok yang disebut ISIS sebagai afiliasinya, dicurigai terlibat dalam aksi tersebut.

Keterangan berbeda soal jumlah korban disampaikan Kepala Palang Merah di Irumu David Beiza. Ia mengatakan relawan dari organisasinya telah menemukan 36 mayat di lokasi .

Kata dia, terjadi sekitar pukul delapan malam.

“Pemberontak ADF tiba sekitar pukul delapan malam. Mereka bergerak dengan tenang. Untungnya, banyak penduduk yang dapat melarikan diri,” katanya dikutip CNN Indonesia dari AFP, Senin, 6 Juni 2022 malam.

Sementara itu Ituri dan Provinsi tetangga Kivu Utara sedang berjuang melawan serangan kelompok bersenjata yang banyak dari mereka merupakan warisan perang di timur Republik Demokratik . sering terjadi di daerah tersebut.

Atas , penculikan dan penjarahan yang dilakukan di daerah itu sejak 2013 lalu, ADF pun telah disalahkan. Karena itu menjadi sasaran dalam operasi gabungan yang diluncurkan pemerintah Uganda sejak November lalu atau usai serangan bom mengguncang Kampala, ibu kota negara tersebut. Operasi tersebut seharusnya berakhir pada 31 Mei. Tapi itu diperpanjang dua bulan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here