Friday, 26 April 2024
HomeBeritaObati Insomnia dan Tingkatkan Kualitas Tidur Anda dengan 5 Cara Ini

Obati Insomnia dan Tingkatkan Kualitas Tidur Anda dengan 5 Cara Ini

Bogordaily.net – Kesulitan tidur cepat atau sering disebut . Anda bisa melakukan cara-cara ini agar mendapatkan kualitas tidur yang baik dan sehat bagi tubuh Anda.

Bagi sebagai orang tidur cepat memang cukup sulit bahkan sangat sulit itulah yang disebut . Baru bisa tidur menjelang pagi. Tapi jangan khawatir ada beberapa cara yang bisa Anda praktekkan untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

1. Bersantai Sebelum Tidur

Gelombang otak kita bergeser dari cepat menjadi lebih lambat dan lebih teratur saat kita tertidur. Bersantai sebelum tidur seperti melakukan aktivitas yang tenang sekitar 30 hingga 60 menit sebelum waktu tidur dapat membantu otak bertransisi menuju waktu istirahat. Lakukan aktivitas santai seperti membaca, peregangan, dan berbicara dengan orang terdekat. Harus diingat untuk menghilangkan ketegangan pada pola pikir yang memacu stres atau kecemasan pada diri sendiri. Itu semua dapat mendorong relaksasi sebelum waktu istirahat.

2. Perhatikan Jumlah Waktu yang Tepat

Salah satu penyebab yang paling umum adalah berada di tempat tidur terlalu lama, terutama saat waktu produktif dibandingkan saat malam hari. Manusia mungkin bisa tidur rata-rata tujuh sampai delapan jam, dan menghabiskan lebih dari itu di tempat tidur untuk mendaptakan lebih banyak tidur dapat merubah pola waktu tidur. Juga dapat menyebabkan kebiasaan buruk dalam mengatur waktu tidur sehingga menyebabkan aktivitas sehari-hari terganggu. Cobalah perhatikan waktu dan berapa banyak tidur dalam satu hari, lalu rencanakan untuk berada di tempat tidur selama waktu tertentu, yaitu saat malam hari yang harus diutamakan. Maka kamu tertidur pada waktu yang tepat dan teratur.

3. Pertahankan Jadwal Tidur yang Konsisten

Jika sudah mengatur waktu tidur yang benar dan tepat pada malam hari, maka selanjutnya kamu harus pertahankan jadwal tidur dengan konsisten. Jadwal yang konsisten melatih otak untuk melakukan kebiasaan tidur pada waktu yang sama setiap hari. Kamu bisa memilih waktu bangun yang diinginkan di pagi hari, dan tetap perhatikan untuk menentukan waktu tidur yang optimal. Jika kamu baru memulainya, cobalah lakukan dengan jadwal yang telah dibuar selama satu hingga dua minggu dan lihatlah perubahan pola tidur yang lebih sehat.

4. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi Sebelum Tidur

Berbagai makanan dan minuman tentu berpengaruh pada kualitas tidur seseorang. Hindari minuman yang mengandung kafein setidaknya 6 jam sebelum waktu tidur dan berolahraga secara konsisten. Selain itu juga jaga agar kamar tidur tetap tenang, sejuk, dan tidak menggunakan alkohol untuk tertidur.Itu adalah seperangkat praktik yang mempromosikan istirahat yang solid dengan memperhatikan diri kita sendiri dan lingkungan tidur kita.

5. Hilangkan Kekhawatiran Sebelum Tidur.

Sering kali kita dibuat khawatir atau cemas terhadap apa yang terjadi pada esok hari oleh pikiran kita sendiri. Itulah salah satu penyebab yang sering terjadi ketika kita tidak bisa tidur. Ketika fisik sudah lelah dengan berbagai kegiatan dan hendak untuk tidur, tapi pikiran kita sering menciptakan kecemasan yang memicu pada malam hari. Cobalah untuk berpikir positif dengan apa yang terjadi padamu, entah besok, lusa, ataupun di masa depan. Cara lain juga bisa dengan kamu berterima kasih oleh dirimu sendiri karena sudah mau bekerja keras selama satu hari itu.

Sumber: suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here