Saturday, 4 May 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Bogor Siap Pertahankan Eksistensi Silat Cimande

Pemkab Bogor Siap Pertahankan Eksistensi Silat Cimande

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, siap pertahankan eksistensi dan kelestarian silat Cimande melalui berbagai usaha dan program.

Hal tersebut diungkapkan oleh Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan saat menghadiri festival Kabupaten Bogor di Metland Mall, Cibubur, Cileungsi, pada Minggu, 19 Juni 2022.

“Kita bangga, Kabupaten Bogor adalah salah satu daerah yang punya sejarah dari abad ke-17, yakni silat Cimande sebagai cikal bakal ,” kata .

Kabupaten Bogor, kata Iwan, merupakan daerah yang memiliki sejarah lahirnya beladiri silat salah satu yang tertua di Indonesia. Silat Cimande lahir pada abad ke-17 dan menjadi cikal bakal di Jawa Barat.

“Festival Kabupaten Bogor  adalah upaya untuk lebih mengenalkan silat kepada masyarakat lebih luas. Kami ingin bahwa silat itu tidak lagi identik di perkampungan, silat itu identik kalau ada hajatan. Maka hari ini kami memperkenalkan silat itu di mall,” tambahnya.

Selain itu, memiliki visi terwujudnya Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban. Di dalam berkeadaban, salah satunya adalah bagaimana mempertahankan tradisi, kultur budaya yang ada di Kabupaten Bogor.

“Dari sinilah kita membuat kebijakan bahwa hal ini harus dipelihara dan dilestarikan dengan baik. Kami dengan segala upaya terus hadir di tengah masyarakat melaksanakan kebijakan ini. Alhamdulillah sampai hari ini, silat Cimande masih tetap ada dan lestari,” tutup Iwan*

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here