Sunday, 19 May 2024
HomeBeritaHeboh Bell's Palsy Justin Bieber, Ini Deretan Penyebab Kelumpuhan Pada Wajah

Heboh Bell’s Palsy Justin Bieber, Ini Deretan Penyebab Kelumpuhan Pada Wajah

Bogordaily.net – Bell's Palsy atau dikenal sebagai penyakit kelumpuhan wajah kini sedang jadi perbincangan hangat setelah menerpa . Tapi tahukah Anda selain penyakit itu tidak serta merta datang menyerang tapi juga ada penyebabnya.

Berikut ini akan dijelaskan penyebab penyakit kelumpuhan pada wajah.

Kelumpuhan wajah merupakan gangguan saraf yang langka yang disebut sebagai saraf ramsay hunt syndrome. Penyebab kelumpuhan wajah yakni disebabkan oleh kerusakan saraf dan gagalnya saraf menyampaikan sinyal dari otak ke otot wajah atau sebaliknya yakni dari otak ke otot wajah.

Lantas, apa saja penyebab kelumpuhan wajah?

Ramsay Hunt Syndrome

Penyebab kelumpuhan wajah lainnya, yakni Ramsay Hunt Syndrome yang berarti gangguan saraf langka dengan gejala kelumpuhan wajah, ruam atau kemerahan di telinga, mulut dan hingga menyebabkan telinga berdengung.

Ramsay Hunt Syndrome ini disebabkan oleh virus penyebab cacar air atau varicella zoster atau herpes zoster yang merupakan penyebab penyakit cacar ular.

Bell's Palsy

Salah satu penyebab kelumpuhan wajah adalah bell's palsy. Bell's palsy biasanya disebabkan karena adanya peradangan saraf wajah. Salah satu cara mengobatinya, yakni dengan terapi fisik untuk merangsang saraf di wajah.

Bells' palsy akan membaik dalam waktu dua minggu. Namun wajah akan terkulai dalam beberapa saat hingga kembali normal.

Stroke

Penyebab kelumpuhan wajah lainnya yakni stroke. Stroke menyebabkan kelumpuhan wajah yang terkadang terjadi pada sebagian wajah bawah. Stroke pada wajah ini terkadang menyebabkan bibir tampak miring dan susah menelan serta kesulitan dalam berbicara.

Stroke juga menyebabkan kelumpuhan salah satu atau sebagian sisi tubuh. Stroke disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak. Penyakit ini dapat muncul karena obesitas, kurang gerak, pola makan buruk, dan mengonsumsi rokok.

Tumor

Penyebab kelumpuhan wajah lainnya yakni tumor otak, tumor saraf tepi, dan tumor yang menekan saraf wajah. Kelumpuhan wajah karena tumor biasanya berkembang dengan lamban, berbeda dengan kelumpuhan wajah karena penyakit lainnya.

Demikian beberapa penyebab kelumpuhan wajah. Selain penyakit yakni penyakit saraf, stroke, tumor, kelumpuhan wajah dapat disebabkan karena virus.

Cara mengatasi kelumpuhan wajah tentu berbeda tergantung pada faktor penyebab kelumpuhan wajahnya. Oleh karena itu, pasien harus segera berkonsultasi ke dokter jika merasakan kelumpuhan wajah. Terlebih apabila kondisi kelumpuhan wajah terjadi secara tiba-tiba dengan ruam, sakit kepala, dan lain sebagainya.

Sumber: suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here