Friday, 17 May 2024
HomeNasionalPenyelam Profesional Temukan Lima Anak Hiu Sirip Hitam dalam Kondisi Mati di...

Penyelam Profesional Temukan Lima Anak Hiu Sirip Hitam dalam Kondisi Mati di Raja Ampat

Bogordaily.net – Lima anak sirip hitam ditemukan oleh Anggota komunitas penyelam Profesional Association of Divers Raja Ampat (PADRA) di daerah pesisir Kampung Meoskun di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.

Ketua PADRA Ruben Sauyai melalui layanan pesan singkat pada Selasa mengatakan bahwa anggota komunitasnya menemukan lima bangkai anak sirip hitam di tepi pantai setelah menyelam bersama wisatawan asing di daerah Meoskun kemarin.

“Kemungkinan anak tersebut makan umpan nelayan yang memancing dan dianggap mengganggu sehingga tersebut dibuang ke darat,” katanya, menambahkan, ada bekas luka pada bangkai lima anak yang ditemukan di tepi pantai dilansir Antara,Rabum 22 Juni 2022.

Kepala Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksanaan Teknik Dinas Kawasan Konservasi Perairan Daerah Provinsi Papua Barat Syafri Tuharea mengatakan bahwa lima anak itu kemungkinan karena tersangkut alat pancing nelayan.

Dia mengatakan bahwa dinas sebenarnya sudah memberikan penyuluhan kepada para nelayan agar melepaskan kembali ikan-ikan bukan sasaran tangkap yang masuk ke alat tangkap saat melaut.

“Kami sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat di kawasan tersebut agar menghindari ikan yang tidak menjadi target pancingan. Jika dapat dilepaskan lagi ke laut,” katanya.

Menurut informasi yang disiarkan di laman resmi Kementerian Kelautan dan Perikatan, ikan sirip hitam (Carcharhinus limbatus) hidup di ekosistem terumbu karang dangkal, pada kedalaman sekitar 30 meter.

Ikan yang populasinya tersebar di perairan tropis dan subtropis bersuhu hangat itu belum masuk dalam daftar satwa liar yang dilindungi di Indonesia dan masuk dalam kategori hampir terancam menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN).***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here