Saturday, 27 April 2024
HomeKota BogorPeringati Harlah Pancasila Tahun 2022, Dandim 0606/KB Ikuti Upacara Secara Virtual di...

Peringati Harlah Pancasila Tahun 2022, Dandim 0606/KB Ikuti Upacara Secara Virtual di Mapolresta Bogor Kota

Bogordaily.net – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila tahun 2022 secara virtual di Aula Mapolresta Bogor Kota, Jalan Kapten Muslihat, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Rabu 1 Juni 2022.

Presiden Joko Widodo memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 di Lapangan Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”.

Kegiatan ini turut di hadiri Dandim 0606/KB Letkol Inf Ali Akhwan bersama Wali Kota Bogor Bima Arya, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, Dandenpom ll/1 Bogor, Sekda Kota Bogor Syarifah Sofiah.

upacara Pancasila
Wali Kota Bogor Bima Arya mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila tahun 2022 secara virtual di Aula Mapolresta Bogor Kota, Jalan Kapten Muslihat, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Rabu 1 Juni 2022. (Istimewa/Bogordaily.net)

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan, hari ini, tanggal 1 Juni, semua peringati Hari Lahir Pancasila di Kota Ende, NTT.

Di kota yang sangat bersejarah ini, Bung Karno, sang proklamator, bapak pendiri bangsa, merenungkan, merumuskan Pancasila, yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara.

“Dari Kota Ende, saya mengajak seluruh anak-anak bangsa dimanapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” kata Presiden Jokowi.

Presiden mengungkapkan, Pancasila bukan hanya telah mempersatukan semua, Pancasila juga menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian, dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa.

Bangsa dan negara kita bisa terus berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” tegasnya.

Presiden Jokowi mengingatkan, kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkannya.

“Kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan kita. Kita implementasikan dalam tata kelola pemerintahan, serta menjiwai dalam interaksi antar sesama anak bangsa,” ungkapnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here