KPEK Kota Bogor Gandeng PT. MPUJ Perkuat Ekonomi Ketahanan Pangan

Menu

Mode Gelap
Sekolah SMPN 16 Kota Bogor Digondol Maling, Kerugian Capai Rp 15 juta Siap-siap, Uji Coba Kelas BPJS Kesehatan Dihapus Besok Diisukan Hamil Anak Jay Park, Ini Tanggapan Jessi SuaraPemerintah.ID dan TRAS N CO Indonesia Berikan Penghargaan Istimewa untuk BPR Korea Utara Beberkan AS-Korsel-Jepang Mulai Membentuk “NATO Versi Asia”

Kota Bogor ยท 18 Jun 2022 16:32 WIB

Perkuat Ekonomi Ketahanan Pangan di Kelurahan, KPEK Kota Bogor Gandeng PT. MPUJ


 KPEK Kota Bogor bekerjasama dengan PT. MPUJ untuk ekonomi ketahanan pangan di kelurahan. (Ibnu/Bogordaily.net) Perbesar

KPEK Kota Bogor bekerjasama dengan PT. MPUJ untuk ekonomi ketahanan pangan di kelurahan. (Ibnu/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Koperasi Pembiayaan Ekonomi Kelurahan (KPEK) Kota Bogor menjalin sinergitas dengan PT. Matahari Pillar Utama Jaya (MPUJ) untuk membangun ekonomi masyarakat menuju ketahanan pangan.

Prakarsa KPEK Kota Bogor Drs. H. Mastee Adi Putra mengatakan, KPEK merupakan pilot project percontohan bagi daerah lain dalam membangun koperasi di setiap kelurahan.

KPEK juga, kata Mastee, dibentuk sejak 2011 dengan nama Pewarta atau Pemberdayaan Ekonomi Warga Kota pertama di Indonesia sebelum menjadi KPEK.

“KPEK bergerak dengan langkah yang kongkrit dan strategis, membangun ekonomi melalui konsep idealisme ekonomi kerakyatan menuju ketahanan pangan. Kedepan, program menuju ketahanan pangan ini kami bersinergi dengan PT. MPUJ selaku pembiayaan dalam program ekonomi ketahanan pangan,” ucap Mastee kepada awak media di Gedung Wanita, Jalan Sudirman, Kota Bogor, Sabtu 18 Juni 2022.

Ketua Koprinda Birama Nusantara Bogor Raya ini memaparkan, Koperasi Pembiayaan Ekonomi Kelurahan (KPEK) Kota Bogor sama seperti koperasi yang lain, berbadan hukum namun idealisnya ada di kelurahan.

Sebab, menurut Mastee, koperasi itu ada dua yakni koperasi serba usaha dan koperasi simpan pinjam.

“Koperasi simpan pinjam itu sebetulnya menurut anggaran dasar hanya satu kelurahan. Maka dari itu, jika ada simpan pinjam yang lebih dari satu kelurahan, dinas terkait harus memperingatkan koperasi tersebut karena menyalahi AD ART,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Direktur Utama PT. Matahari Pillar Utama Jaya Dr. Y. Sri Yono SH, MM., Mars. menuturkan, pihaknya bersinergi dengan Koperasi Pembiayaan Ekonomi Kelurahan bertujuan untuk mengembangkan di setiap kelurahan-kelurahan melalui program ketahanan pangan dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Selain itu, diharapkan program yang telah disinergikan antara PT. MPUJ bersama Koperasi Pembiayaan Ekonomi Kelurahan (KPEK) dapat menyelesaikan masalah ekonomi ditengah masyarakat pasca pandemi Covid-19.

“Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), setiap tahun angka pengangguran dan kemiskinan meningkat di Kota Bogor. Harapan saya dengan adanya program ketahanan pangan ini bisa meningkatkan derajat ekonomi masyarakat yang masih di kategori masyarakat miskin, setengah miskin sampai masyarakat yang betul-betul terdampak pandemi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop UMKM) Kota Bogor, Ganjar Gunawan mengapresiasi sinergitas KPEK Kota Bogor bersama PT. MPUJ.

Menurutnya, sebelum menjadi koperasi seperti sekarang, namanya Lembaga Pembiayaan Ekonomi Kelurahan (LPEK) dalam perjalannya pemerintah kota memfasilitasi dalam bentuk badan hukum hingga menjadi koperasi.

“Dan awal-awal itu sempat di stimulus oleh Pemkot di beri bantuan stimulan, dalam perjalanannya banyak yang harus di benahi. Makanya tadi saya singgung di 68 KPEK ini boleh dibilang situasinya seperti apa? Kita sedang cari tahu itu. Jadi kita akan seriuskan untuk KPEK ini apa yang bisa kita perbaiki, dimana saja dan lainnya,” katanya*

(Ibnu Galansa)

Artikel ini telah dibaca 200 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

1.500 Gamers Adu Taktik di Tournamen Erick Thohir Mobile Legend Bang Bang 2022

2 Juli 2022 - 01:02 WIB

Erick Thohir Mobile Legend

Selamat Ultah Pak Polisi, Polresta Bogor Kota Banjir Karangan Bunga

1 Juli 2022 - 20:27 WIB

Jumat Berkah Jadi Kegiatan Rutin Kodim 0606 Kota Bogor

1 Juli 2022 - 18:11 WIB

Jumat Berkah

Babinsa Kelurahan Ciwaringin Dampingi Penyerahan Sertifikat PTSL

1 Juli 2022 - 16:35 WIB

penyerahan sertifikat PTSL

Paguyuban Dangiang Sapta Djati Siliwangi Siap Bantu Bangkitkan UMKM di Kota Bogor

1 Juli 2022 - 16:18 WIB

Dangiang Sapta Djati Siliwangi

Sekolah SMPN 16 Kota Bogor Digondol Maling, Kerugian Capai Rp 15 juta

1 Juli 2022 - 16:06 WIB

SMPN 16 Kota Bogor
Trending di Kota Bogor