Sunday, 2 June 2024
HomeNasionalPersiapan Idul Adha, Berikut 5 Tips Memilih Hewan Kurban

Persiapan Idul Adha, Berikut 5 Tips Memilih Hewan Kurban

Bogordaily.net– Hari raya Idul Adha 2022 akan jatuh pada tanggal 9 Juli 2022. Umat Islam yang berencana melaksanakan dapat mulai persiapan. Sebelum membeli hewan sebaiknya Anda mengetahui lebih dulu memilih hewan yang tepat. Dikutip Suara.com dari baznas.go.id, berikut memilih hewan yang baik.

Pastikan hewan ternak

Syarat hewan yang pertama haruslah hewan ternak. Di samping itu, hewan ternak yang diperbolehkan untuk antara lain unta, kambing, domba, sapi, kerbau.

Pilih yang sehat dan layak

Pilih hewan ternak yang sehat dan layak untuk dikurbankan. Hewan ternak yang sehat pasti memiliki daging yang sehat dan baik untuk dikonsumsi nantinya.

Minimal umur 1 tahun

Jangan lupa untuk memastikan umur hewan ternak untuk minimal 1 tahun. Umumnya, para ulama memberikan memilih hewan kurban yang umurnya sudah dua tahun untuk kurban ternak kambing atau domba. Sementara kalau mau memilih sapi dan kerbau, pastikan umurnya sudah sekitar 22 bulan. Untuk mengetahui umur hewan ternak, bisa dengan melihat gigi hewan ternak. Jika ada dua gigi susu di depan, itu menandakan ternak kambing dan domba berumur sekitar 12 sampai 18 bulan.

Tidak cacat

Pastikan juga kondisi hewan kurban secara fisik sehat, tidak cacat, atau pernah mengalami penyakit seperti demam,kurang nafsu makan, kudis, ada ekskreta dari lubang hidung, bulu kusam dan berdiri, mata cekung dan kotor, diare, sampai lemas.

Hewan ternak untuk kurban harus hewan yang tidak cacat, sempurna juga fisiknya. Tidak buta matanya, kakinya tidak patah sebelah, dan seterusnya. Ia harus memiliki nafsu makan yang baik, lincah, mata bersinar, dan bulu tidak kusam. Itulah tanda-tanda hewan kurban sehat dan tidak cacat.

Tidak kurus

Kondisi fisik hewan kurban yang memenuhi syarat untuk dikurbankan juga harus tidak kurus. Sebab, kita membutuhkan daging kurban untuk dibagikan kepada masyarakat, kalau kurus, lalu apa yang mau dibagikan? Anda bisa melihat hewan yang dagingnya mantab pasti terlihat gemuk. Jika disentuh dan ditekan-tekan, terasa kenyal penuh dengan daging.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here