Tuesday, 23 April 2024
HomeKabupaten BogorPerumda Pasar Tohaga Jamin Komoditas Tahu yang Dijual Bebas Zat Kimia

Perumda Pasar Tohaga Jamin Komoditas Tahu yang Dijual Bebas Zat Kimia

Bogordaily.net – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Tohaga Kabupaten Bogor, jamin komoditas tahu yang dijual, bebas dari bahan kimia atau formalin.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kasubid Humas dan Protokol , Defi Imanullah. Menurutnya pasar-pasar yang ada di Kabupaten Bogor selalu dipantau dan diawasi, guna mencegah peredaran komoditi seperti tahu yang menggunakan bahan kimia.

“Kita bekerjasama dengan DKP, kemudian di pun, sudah ada tim keamanan pangan. Jadi memang rutin kita kelapangan untuk mengecek bahan-bahan berbahaya dalam makanan, sehingga apa yang dijual di pasar, Insya Allah sudah diuji kualitasnya,” kata Defi Imanullah kepada Bogordaily.net pada Kamis, 16 Juni 2022.

Antisipasi zat kimia masuk ke pasar, kata Defi, pihaknya telah menyiapkan tim aman pangan. Berkolaborasi juga dengan Dinas Ketahanan Pangan, Kabupaten Bogor.

“Sudah diuji kualitasnya, dan insya Allah, terbebas dari bahayanya zat yang seperti formalin atau borak. Kita sudah antisipasi dengan adanya tim aman pangan turun ke lapangan mengambil beberapa sempel,” jelasnya.

Jikalau ada oknum pedagang yang menjual komoditi pangan mengandung zat berbahaya, akan lakukan penindakan kepada para oknum.

“Jadi kita ada tiga unsur kolaborasi, Tohaga, BPOM Jawa Barat, dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor. Betul kita bisa menjamin terbebas dari zat kimia, kalau dulu ada kasusnya kaya mie kuning tuh, kita temukan juga di beberapa pasar waktu dulu, sehingga kita tarik dan kita beri penindakan serta edukasi,” tutup Defi*

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here