Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaPesawat Misterius Terobos Eropa Timur, Pilot Hilang

Pesawat Misterius Terobos Eropa Timur, Pilot Hilang

Bogordaily.net– Langit Eropa Timur tiba-tiba dilintasi misterius timur tanpa izin pada Kamis, 9 Juni 2022. Insiden tersebut membuat pasukan angkatan udara sejumlah negara di kawasan dalam posisi siaga.

Kementerian Pertahanan Bulgaria mengatakan itu sempat terbang melintasi Hungaria, Serbia, dan Rumania, sebelum masuk ke zona udara Bulgaria pada pukul 19.09 waktu setempat, Rabu, 8 Juni 2022.

Sebagaimana diberitakan AFP yang dikutip CNN Indonesia, itu lalu mendarat dan ditinggalkan begitu saja di wilayah Bulgaria oleh kru dan pilot yang hingga kini hilang misterius.

Kementerian Pertahanan Rumania menyebut itu berjenis Beechcraft dengan dua kursi kru.

Pihak kementerian juga mengatakan itu tak memiliki jadwal penerbangan yang disetujui dan transpondernya dimatikan. Bahkan, sang pilot tak menanggapi permintaan radio dan sinyal visual yang diajukan Rumania.

Sementara itu merespons kemunculan itu, sebanyak dua jet tempur Gripen Hungaria, dua jet F-16 Amerika Serikat, dan dua jet F-16 Rumania dikerahkan. Masing-masing dari mereka mencoba mencegat misterius itu dan mengawalnya sampai ke kawasan udara Bulgaria.

Menteri Pertahanan Bulgaria Dragomir Zakov mengatakan negaranya tak langsung mengirimkan jet tempur karena itu tak dianggap sebagai ancaman kala itu.

Pihak Kemhan Bulgaria juga menuturkan kondisi penerbangan kala itu buruk imbas kemunculan badai petir dan hujan lebat.

Setelah masuk langit udara Bulgaria, misterius itu lalu berhenti di Kota Danube, Vidin, untuk mengisi bahan bakar.

Kementerian Dalam Negeri Bulgaria lalu menemukan itu ditinggalkan di lapangan udara tua dekat Targovishte.

Menteri Dalam Negeri Bulgaria Boyko Rashkov mengatakan mesin pesawat masih hangat kala ditemukan. Namun, kru pesawat menghilang dan tak diketahui sampai saat ini.

Rashkov juga mengungkapkan pesawat itu berusia 60 tahun. Pesawat itu lepas landas dari Lithuania, pun sempat melewati Polandia dan Slovakia.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here