Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaPeternak di Thailand Berikan Ganja Sebagai Makanan Ayam

Peternak di Thailand Berikan Ganja Sebagai Makanan Ayam

Bogordaily.net – Peternak di Thailand memberikan sebagai makanan pada ayam. Hal itu dilakukan lantaran diyakini menu makan baru ini telah meningkatkan kualitas daging dan telur yang dihasilkan.

Hal tersebut menyusul kebijakan baru Pemerintah Thailand yang melegalkan penggunaan dan pembudidayaan mulai 9 Juni 2022 silam.

Adapun yang menjadi pakan ayam diberikan dalam berbagai bentuk. Misalnya, air yang direbus dengan daun , campuran pakan ayam, dan daun yang dihancurkan.

Peternak meyakini dapat menggantikan antibiotik, serta meningkatkan kualitas telur dan daging
ayam.

Peneliti di Universitas Chiang Mai tengah mempelajari dampak dari pemberian sebagai pakan ayam.

Di mana mereka mempelajari 1.000 ekor ayam di peternakan organik Pethlanna Ong-ard, di Lampang. Hasilnya menunjukkan bahwa dapat membantu mengurangi ketergantungan petani pada antibiotik hingga membuat daging jadi berkualitas unggul.

“Saya mencoba menemukan level yang cocok untuk dapat membantu meningkatkan kekebalan dan kinerja tanpa efek buruk,” kata Chompunut dilansir The Guardian, Senin, 20 Juni 2022.

Selama pengamatannya, Chompunut melihat ayam-ayam tersebut apa dampak terhadap pertumbuhan mereka, kerentanan terhadap penyakit, dan untuk melihat apakah daging dan telur mereka berbeda kualitasnya, atau apakah mengandung cannabinoids.

Dengan memberikan makan berupa air direbus dengan daun ganja, sementara yang lain diberi makan yang dicampur dengan daun yang dihancurkan.

Kadar tetrahydrocannabinol (THC), zat psikoaktif tanaman yang membuat orang merasa tinggi, dan cannabidiol (CBD), senyawa yang tidak memberikan pengguna tinggi, dalam daun berkisar antara 0,2 hingga 0,4%. Tidak ada perilaku abnormal yang diamati pada ayam.

“Pada tingkat intensitas yang kami berikan kepada mereka, itu tidak akan membuat ayam tinggi (adanya perubahan),” katanya.

Walaupun belum dipublikasikan hasil positif terhadap kualitas ayam itu. Ternyata ayam yang diberi suplemen ganja cenderung mengalami sedikit kasus bronkitis burung, dan kualitas dagingnya dinilai dari komposisi protein, lemak dan kelembapannya, serta kelembutannya lebih unggul.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here